RAHADIAN, MUHAMMAD REYNALDI (2025) EVALUASI PROGRAM PELATIHAN KOMPUTER DI LEMBAGA PENDIDIKAN PRAWITA KOTA TASIKMALAYA (Studi pada Program Pelatihan Komputer di Lembaga Pendidikan Prawita Kota Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (1MB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (1MB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (1MB)
5. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (1MB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (1MB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (1MB)
8. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
9. BAB I.pdf
Download (2MB)
10. BAB II.pdf
Download (2MB)
11. BAB III.pdf
Download (2MB)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Evaluasi berperan penting dalam keseluruhan penilaian program pembelajaran dan pendidikan, termasuk pada program pendidikan dan pelatihan (Diklat) pada latar atau jenjang pendidikan nonformal. Pentingnya bagi seorang individu untuk memiliki life skills yang dapat menunjang kehidupan mereka dan mengurangi angka pengangguran yang tinggi perlu adanya peningkatan keterampilan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan. Program Pelatihan Komputer diselenggarakan bagi masyarakat yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang komputer. Oleh karena itu, pentingnya melakukan kegiatan evaluasi program agar penyelenggara bisa menilai perkembangan dan keberhasilan program. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Evaluasi Program Pelatihan Komputer Pada Lembaga Pendidikan Prawita. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembaga Pendidikan Prawita melaksanakan evaluasi program pada Program Pelatihan Komputer dengan musyawarah atau menggunakan alat bantu seperti kuesioner dan google form, tidak secara khusus menggunakan model atau metode evaluasi. Meskipun begitu, evaluasi program masih dapat terlaksana dengan baik. Kemudian, aspek yang menjadi bahan evaluasi meliputi pada tercapainya tujuan umum dan khusus dari program dan peserta didik itu sendiri. Faktor penghambat dari Program Pelatihan Komputer terletak pada peserta didik yang masih gaptek. Adapun peluang saat proses evaluasi program yaitu terletak pada pihak lembaga, tentor serta peserta didik yang terbuka untuk saran dan masukan. Simpulan dalam penelitian ini yaitu evaluasi Program Pelatihan Komputer sudah berhasil terlaksana dengan tujuan program yang telah tercapai.
Kata Kunci: Evaluasi Program, Lembaga Pendidikan, Program Pelatihan Komputer
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat | 
| Depositing User: | dewi dewi dewi | 
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 08:28 | 
| Last Modified: | 30 Oct 2025 02:49 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/323 | 
