PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN GAYA BELAJAR

ROSDIANA, ROSI (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN GAYA BELAJAR. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of COVER-2.pdf] Text
COVER-2.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN .pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (58kB)
[thumbnail of SURAT KEASLIAN .pdf] Text
SURAT KEASLIAN .pdf

Download (53kB)
[thumbnail of ABSTRAK_.pdf] Text
ABSTRAK_.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR-1.pdf] Text
KATA PENGANTAR-1.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of DAFTAR TABEL-1.pdf] Text
DAFTAR TABEL-1.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[thumbnail of DAFTAR PUTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUTAKA.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of LAMPIRAN-2.pdf] Text
LAMPIRAN-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar. Metode pada
penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif jenis Metode Eksperimen dengan desain penelitian pre-experimental design one group pretest posttest. Populasi pada penelitian
ini seluruh siswa kelas VIII. Sampel ditentukan oleh sekolah yaitu kelas VIII-H sebanyak 36 orang dengan menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran
berdiferensiasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pengumpulan data tes kemampuan pemecahan masalah matematis dilakukan dua kali yaitu di awal pembelajaran dan di akhir
pembelajaran. Teknik analisis data dideskripsikan dan pengujian hipotestis menggunakan uji paired samples-t test dengan SPSS Versi 23. Dari hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar dengan rata-rata n-gain 0,76 berada pada kategori tinggi. Gaya
belajar visual memiliki rata-rata n-gain 075, gaya belajar auditorial memiliki rata-rata ngain 0,77, dan gaya belajar kinestetik memiliki rata-rata n-gain 0,73. Kemampuan
pemecahan masalah peserta didik menunjukkan berada pada kategori sedang. Kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki gaya belajar visual memiliki nilai rata-rata 83,33 dan berada pada kategori sedang, kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki gaya belajar auditorial memiliki nilai rata-rata 85,41 dan berada pada kategori sedang serta kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki gaya belajar
kinestetik memiliki nilai rata-rata 80,8 dan berada pada kategori sedang.

Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Berdiferensiasi, Gaya Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 28 Oct 2025 07:31
Last Modified: 28 Oct 2025 07:31
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item
View Item