PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

CAHYANTI, FANI GITA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of COVER-3.pdf] Text
COVER-3.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN-1.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN-1.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of Surat Keaslian.pdf] Text
Surat Keaslian.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of Abstrak-2.pdf] Text
Abstrak-2.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR-2.pdf] Text
KATA PENGANTAR-2.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI-1.pdf] Text
DAFTAR ISI-1.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of DAFTAR TABEL-2.pdf] Text
DAFTAR TABEL-2.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR-1.pdf] Text
DAFTAR GAMBAR-1.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of BAB 1-1.pdf] Text
BAB 1-1.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of BAB 2-1.pdf] Text
BAB 2-1.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of BAB 3-1.pdf] Text
BAB 3-1.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of BAB 4-1.pdf] Text
BAB 4-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[thumbnail of BAB 5-1.pdf] Text
BAB 5-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of LAMPIRAN-3.pdf] Text
LAMPIRAN-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (946kB)
[thumbnail of Riwayat hidup.pdf] Text
Riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan
komunikasi matematis siswa yang menggunakan model Problem Based Learning
dengan pendekatan STEM. Metode pada penelitian ini menggunakan metode
Kuantitatif jenis Metode Eksperimen dengan desain penelitian True Eksperimental
postest only control design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VIII.
Sampel diambil secara acak kemudian terpilih kelas VIII K sebanyak 32 orang dengan
menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan STEM dan kelas
VIII H sebanyak 32 orang dengan menggunakan model Problem Based Learning.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan komunikasi
matematis. Pengumpulan data tes kemampuan komunikasi matematis siswa dilakukan
satu kali di akhir pembelajaran. Teknik analisis data dideskripsikan dan pengujian
hipotesis menggunakan uji independent samples-t test dengan SPSS Versi 23. Dari
hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis
siswa yang menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan STEM
dan kemampuan komunikasi matematis siswa berada pada kategori sedang.
Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Problem Based Learning, Problem
Based Learning dengan pendekatan STEM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 28 Oct 2025 07:18
Last Modified: 28 Oct 2025 07:18
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/315

Actions (login required)

View Item
View Item