CAHYANTI, FANI GITA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Other thesis, Universitas Siliwangi.
COVER-3.pdf
Download (18kB)
LEMBAR PENGESAHAN-1.pdf
Download (72kB)
Surat Keaslian.pdf
Download (55kB)
Abstrak-2.pdf
Download (11kB)
KATA PENGANTAR-2.pdf
Download (44kB)
DAFTAR ISI-1.pdf
Download (30kB)
DAFTAR TABEL-2.pdf
Download (9kB)
DAFTAR GAMBAR-1.pdf
Download (26kB)
BAB 1-1.pdf
Download (89kB)
BAB 2-1.pdf
Download (116kB)
BAB 3-1.pdf
Download (275kB)
BAB 4-1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (226kB)
BAB 5-1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (58kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (146kB)
LAMPIRAN-3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (946kB)
Riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan
komunikasi matematis siswa yang menggunakan model Problem Based Learning
dengan pendekatan STEM. Metode pada penelitian ini menggunakan metode
Kuantitatif jenis Metode Eksperimen dengan desain penelitian True Eksperimental
postest only control design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VIII.
Sampel diambil secara acak kemudian terpilih kelas VIII K sebanyak 32 orang dengan
menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan STEM dan kelas
VIII H sebanyak 32 orang dengan menggunakan model Problem Based Learning.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan komunikasi
matematis. Pengumpulan data tes kemampuan komunikasi matematis siswa dilakukan
satu kali di akhir pembelajaran. Teknik analisis data dideskripsikan dan pengujian
hipotesis menggunakan uji independent samples-t test dengan SPSS Versi 23. Dari
hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis
siswa yang menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan STEM
dan kemampuan komunikasi matematis siswa berada pada kategori sedang.
Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Problem Based Learning, Problem
Based Learning dengan pendekatan STEM
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 07:18 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 07:18 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/315 |
