GUNAWAN, RAJWA ALIMAH (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK (Studi pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X Materi Lapisan Atmosfer Di SMA Negeri 17 Kota Bekasi). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. cover.pdf
Download (93kB)
2. pengesahan.pdf
Download (234kB)
3. penguji.pdf
Download (106kB)
4. pernyataan.pdf
Download (179kB)
5. abstrak.pdf
Download (59kB)
6. kata pengantar.pdf
Download (186kB)
7. daftar isi.pdf
Download (128kB)
8. bab 1.pdf
Download (139kB)
9. bab 2.pdf
Download (216kB)
10. bab 3.pdf
Download (293kB)
11. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
12. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (62kB)
13. daftar pustaka.pdf
Download (204kB)
14. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
15. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (129kB)
Abstract
Pendidikan abad 21 merupakan paradigma pendidikan yang memberikan
penekanan salah satunya pada berpikir kreatif. Salah satu model pembelajaran yang
dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah model project based
learning. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui Langkah-Langkah Model
Project Based Learning Berbasis Media Pop-Up Book Dalam Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Lapisan Atmosfer Kelas
X Di SMA Negeri 17 Kota Bekasi dan 2) Mengetahui Pengaruh dari Model Project
Based Learning Berbasis Media Pop-Up Book Terhadap Kemampuan Berpikir
Kreatif Peserta Didik Pada Materi Lapisan Atmosfer Kelas X Di SMA Negeri 17
Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan
desain penelitian Nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini yaitu
kelas X.6 dan kelas X.9 yang masing-masing berjumlah 31 orang. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis
yang digunakan adalah uji instrumen, uji prasyarat analisis, uji hipotesis, dan uji
regresi linear sederhana. Hasil penelitian langkah-langkah model project based
learning berbasis media pop-up book terhadap kemampuan berpikir kreatif
dilakukan dengan cara menentukan pertanyaan dasar, menyusun rencana proyek,
membuat jadwal proyek, memantau peserta didik dan kemajuan proyek, menilai
hasil proyek dan mengevaluasi pengalaman peserta didik. Model project based
learning berbasis media pop-up book berpengaruh terhadap kemampuan berpikir
kreatif peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari uji regresi linear sederhana
dengan nilai sig sebesar 0,000<0,05 dan koefisien R Square signifikan sebesar 41,9.
Peningkatan berpikir kreatif peserta didik dapat dilihat dari kenaikan nilai post-test
sebesar 4,4 dan rata-rata penilaian produk sebesar 79,8.
Kata Kunci: Model Project Based Learning, Media Pop-Up Book, Kemampuan
Berpikir Kreatif
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 06:20 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 06:20 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/300 |
