PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK (Studi pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X Materi Lapisan Atmosfer Di SMA Negeri 17 Kota Bekasi)

GUNAWAN, RAJWA ALIMAH (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK (Studi pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X Materi Lapisan Atmosfer Di SMA Negeri 17 Kota Bekasi). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. cover.pdf] Text
1. cover.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 2. pengesahan.pdf] Text
2. pengesahan.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 3. penguji.pdf] Text
3. penguji.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 4. pernyataan.pdf] Text
4. pernyataan.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 5. abstrak.pdf] Text
5. abstrak.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 6. kata pengantar.pdf] Text
6. kata pengantar.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 7. daftar isi.pdf] Text
7. daftar isi.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 8. bab 1.pdf] Text
8. bab 1.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 9. bab 2.pdf] Text
9. bab 2.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 10. bab 3.pdf] Text
10. bab 3.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 11. bab 4.pdf] Text
11. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 12. bab 5.pdf] Text
12. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[thumbnail of 13. daftar pustaka.pdf] Text
13. daftar pustaka.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 14. lampiran.pdf] Text
14. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 15. riwayat hidup.pdf] Text
15. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)

Abstract

Pendidikan abad 21 merupakan paradigma pendidikan yang memberikan
penekanan salah satunya pada berpikir kreatif. Salah satu model pembelajaran yang
dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah model project based
learning. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui Langkah-Langkah Model
Project Based Learning Berbasis Media Pop-Up Book Dalam Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Lapisan Atmosfer Kelas
X Di SMA Negeri 17 Kota Bekasi dan 2) Mengetahui Pengaruh dari Model Project
Based Learning Berbasis Media Pop-Up Book Terhadap Kemampuan Berpikir
Kreatif Peserta Didik Pada Materi Lapisan Atmosfer Kelas X Di SMA Negeri 17
Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan
desain penelitian Nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini yaitu
kelas X.6 dan kelas X.9 yang masing-masing berjumlah 31 orang. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis
yang digunakan adalah uji instrumen, uji prasyarat analisis, uji hipotesis, dan uji
regresi linear sederhana. Hasil penelitian langkah-langkah model project based
learning berbasis media pop-up book terhadap kemampuan berpikir kreatif
dilakukan dengan cara menentukan pertanyaan dasar, menyusun rencana proyek,
membuat jadwal proyek, memantau peserta didik dan kemajuan proyek, menilai
hasil proyek dan mengevaluasi pengalaman peserta didik. Model project based
learning berbasis media pop-up book berpengaruh terhadap kemampuan berpikir
kreatif peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari uji regresi linear sederhana
dengan nilai sig sebesar 0,000<0,05 dan koefisien R Square signifikan sebesar 41,9.
Peningkatan berpikir kreatif peserta didik dapat dilihat dari kenaikan nilai post-test
sebesar 4,4 dan rata-rata penilaian produk sebesar 79,8.
Kata Kunci: Model Project Based Learning, Media Pop-Up Book, Kemampuan
Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 28 Oct 2025 06:20
Last Modified: 28 Oct 2025 06:20
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item
View Item