THE USE OF CHATGPT AS AN ACADEMIC WRITING AID IN HIGHER EDUCATION: FOCUSING ON STUDENTS’ PERCEPTIONS

SYARIEF, JAMA’AH (2025) THE USE OF CHATGPT AS AN ACADEMIC WRITING AID IN HIGHER EDUCATION: FOCUSING ON STUDENTS’ PERCEPTIONS. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 2. APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 3. EXAMINER PAGE.pdf] Text
3. EXAMINER PAGE.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 6. PREFACE.pdf] Text
6. PREFACE.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf] Text
7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 8. TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 9. CHAPTER 1.pdf] Text
9. CHAPTER 1.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 10.CHAPTER 2.pdf] Text
10.CHAPTER 2.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 11. CHAPTER 3.pdf] Text
11. CHAPTER 3.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of 12. CHAPTER 4.pdf] Text
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[thumbnail of 13. CHAPTER 5.pdf] Text
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[thumbnail of 14. REFERENCES.pdf] Text
14. REFERENCES.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 15. CURRICULUM VITAE.pdf] Text
15. CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)

Abstract

Penggunaan ChatGPT dalam penulisan akademis semakin meluas, khususnya di kalangan mahasiswa. Namun, seiring dengan manfaat penggunaannya, isu penggunaan ChatGPT dalam penulisan akademis telah memicu perdebatan di pendidikan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan ChatGPT sebagai alat bantu penulisan akademis di pendidikan tinggi. Data dikumpulkan dari tiga partisipan di sebuah universitas di Tasikmalaya dengan menggunakan desain studi kasus deskriptif. Wawancara semi-terstruktur dilakukan, dan data dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan empat tema utama. Pertama, partisipan menekankan aksesibilitas ChatGPT sebagai Alat Bantu Penulisan Akademis, dengan mencatat bahwa ChatGPT mudah diakses untuk kebutuhan penulisan mereka. Kedua, mereka menemukan ChatGPT sebagai alat bantu penulisan yang bermanfaat, terutama dalam tahap menghasilkan atau mengembangkan ide, mengoreksi tata bahasa, dan sebagai sumber informasi. Selain itu, ChatGPT membuat mereka lebih efisien dalam mengerjakan penulisan akademis mereka. Ketiga, mahasiswa menghadapi beberapa tantangan dalam menggunakan ChatGPT, seperti ketidakakuratan konten yang dihasilkan, keterbatasan dalam menjawab pertanyaan yang kompleks, dan kekhawatiran tentang plagiarisme yang dihasilkan oleh AI. Terakhir, mereka menekankan pentingnya keterampilan memberi petunjuk, karena instruksi yang jelas dan spesifik diperlukan untuk mendapatkan hasil yang akurat dan relevan. Berdasarkan temuan tersebut memberikan implikasi bahwa penggunaan ChatGPT dalam penulisan akademis perlu diimbangi dengan pemahaman mahasiswa tentang etika dan pemikiran kritis.

Kata kunci: ChatGPT, Penulisan Akademis, dan Persepsi Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 17 Dec 2025 01:18
Last Modified: 17 Dec 2025 01:18
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2868

Actions (login required)

View Item
View Item