SYARIEF, JAMA’AH (2025) THE USE OF CHATGPT AS AN ACADEMIC WRITING AID IN HIGHER EDUCATION: FOCUSING ON STUDENTS’ PERCEPTIONS. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (263kB)
2. APPROVAL SHEET.pdf
Download (92kB)
3. EXAMINER PAGE.pdf
Download (67kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (68kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (234kB)
6. PREFACE.pdf
Download (126kB)
7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (128kB)
8. TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (375kB)
9. CHAPTER 1.pdf
Download (250kB)
10.CHAPTER 2.pdf
Download (156kB)
11. CHAPTER 3.pdf
Download (383kB)
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (450kB)
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (129kB)
14. REFERENCES.pdf
Download (1MB)
15. CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (205kB)
Abstract
Penggunaan ChatGPT dalam penulisan akademis semakin meluas, khususnya di kalangan mahasiswa. Namun, seiring dengan manfaat penggunaannya, isu penggunaan ChatGPT dalam penulisan akademis telah memicu perdebatan di pendidikan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan ChatGPT sebagai alat bantu penulisan akademis di pendidikan tinggi. Data dikumpulkan dari tiga partisipan di sebuah universitas di Tasikmalaya dengan menggunakan desain studi kasus deskriptif. Wawancara semi-terstruktur dilakukan, dan data dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan empat tema utama. Pertama, partisipan menekankan aksesibilitas ChatGPT sebagai Alat Bantu Penulisan Akademis, dengan mencatat bahwa ChatGPT mudah diakses untuk kebutuhan penulisan mereka. Kedua, mereka menemukan ChatGPT sebagai alat bantu penulisan yang bermanfaat, terutama dalam tahap menghasilkan atau mengembangkan ide, mengoreksi tata bahasa, dan sebagai sumber informasi. Selain itu, ChatGPT membuat mereka lebih efisien dalam mengerjakan penulisan akademis mereka. Ketiga, mahasiswa menghadapi beberapa tantangan dalam menggunakan ChatGPT, seperti ketidakakuratan konten yang dihasilkan, keterbatasan dalam menjawab pertanyaan yang kompleks, dan kekhawatiran tentang plagiarisme yang dihasilkan oleh AI. Terakhir, mereka menekankan pentingnya keterampilan memberi petunjuk, karena instruksi yang jelas dan spesifik diperlukan untuk mendapatkan hasil yang akurat dan relevan. Berdasarkan temuan tersebut memberikan implikasi bahwa penggunaan ChatGPT dalam penulisan akademis perlu diimbangi dengan pemahaman mahasiswa tentang etika dan pemikiran kritis.
Kata kunci: ChatGPT, Penulisan Akademis, dan Persepsi Mahasiswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 01:18 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 01:18 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2868 |
