THE IMPLEMENTATION OF TEACHING ENGLISH GRAMMAR USING TASK-BASED INSTRUCTION IN ELEMENTARY SCHOOL

TUNNISA, SITI ALIFAH (2024) THE IMPLEMENTATION OF TEACHING ENGLISH GRAMMAR USING TASK-BASED INSTRUCTION IN ELEMENTARY SCHOOL. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 2. APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 3. APPROVAL SHEET.pdf] Text
3. APPROVAL SHEET.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 5. MOTTO.pdf] Text
5. MOTTO.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 6. ABSTRAK.pdf] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 7. PREFACE.pdf] Text
7. PREFACE.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 8. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf] Text
8. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 9. TABLE OF CONTENT.pdf] Text
9. TABLE OF CONTENT.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 10. LIST OF TABLES.pdf] Text
10. LIST OF TABLES.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 11. LIST OF PICTURES.pdf] Text
11. LIST OF PICTURES.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 12. LIST OF ENCLOSURE.pdf] Text
12. LIST OF ENCLOSURE.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 13. CHAPTER I.pdf] Text
13. CHAPTER I.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 14. CHAPTER II.pdf] Text
14. CHAPTER II.pdf

Download (562kB)
[thumbnail of 15. CHAPTER III.pdf] Text
15. CHAPTER III.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 16. CHAPTER IV.pdf] Text
16. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[thumbnail of 17. CHAPTER V.pdf] Text
17. CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[thumbnail of 18. REFERENCES.pdf] Text
18. REFERENCES.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 19. ENCLOSURE.pdf] Text
19. ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 20. CURRICULUM VITAE.pdf] Text
20. CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)

Abstract

Pengajaran tata bahasa bahasa Inggris di sekolah dasar merupakan salah satu
aspek penting dalam pengembangan kemampuan bahasa Inggris siswa. Namun,
metode tradisional seperti ceramah yang digunakan oleh guru seringkali tidak
efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan
menggunakan tata bahasa bahasa Inggris. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
untuk mengeksplorasi bagaimana guru bahasa Inggris mengaplikasikan metode
Task-Based Instruction di dalam pengajaran tata bahasa Inggris kepada siswa
sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kelas dengan melibatkan
seorang guru bahasa Inggris sebagai partisipan penelitian dalam mengajar siswa
kelas 6 sekolah dasar yang mempelajari materi tata bahasa bahasa Inggris. Data
dikumpulkan melalui observasi kelas menggunakan rekaman video dan interaktif
model untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukan guru menggunakan
beberapa tahap kegiatan pembelajaran yaitu: (1) Pre-Task, (2) Task Cycle, dan (3)
Language focus. Dapat disimpulkan bahwa Task-Based Instruction dalam
pengajaran tata bahasa Inggris mendorong pembelajaran aktif, pemahaman
kontekstual dan pembelajaran yang berpusat pada siswa melalui beberapa
kegiatan yang interaktif, komunikatif, dan bervariatif dalam tiga tahap
pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan strategi-strategi baru
perihal mengajar tata bahasa Inggris menggunakan metode Task-Based
Instruction khususnya pada tingkat sekolah dasar.
Kata kunci: Task-Based Instruction, Pengajaran Tata Bahasa bahasa Inggris,
Siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 28 Oct 2025 04:37
Last Modified: 28 Oct 2025 04:37
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/280

Actions (login required)

View Item
View Item