TUNNISA, SITI ALIFAH (2024) THE IMPLEMENTATION OF TEACHING ENGLISH GRAMMAR USING TASK-BASED INSTRUCTION IN ELEMENTARY SCHOOL. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (36kB)
2. APPROVAL SHEET.pdf
Download (99kB)
3. APPROVAL SHEET.pdf
Download (70kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (84kB)
5. MOTTO.pdf
Download (112kB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (13kB)
7. PREFACE.pdf
Download (7kB)
8. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (129kB)
9. TABLE OF CONTENT.pdf
Download (86kB)
10. LIST OF TABLES.pdf
Download (274kB)
11. LIST OF PICTURES.pdf
Download (122kB)
12. LIST OF ENCLOSURE.pdf
Download (124kB)
13. CHAPTER I.pdf
Download (139kB)
14. CHAPTER II.pdf
Download (562kB)
15. CHAPTER III.pdf
Download (357kB)
16. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (674kB)
17. CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (127kB)
18. REFERENCES.pdf
Download (313kB)
19. ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
20. CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (138kB)
Abstract
Pengajaran tata bahasa bahasa Inggris di sekolah dasar merupakan salah satu
aspek penting dalam pengembangan kemampuan bahasa Inggris siswa. Namun,
metode tradisional seperti ceramah yang digunakan oleh guru seringkali tidak
efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan
menggunakan tata bahasa bahasa Inggris. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
untuk mengeksplorasi bagaimana guru bahasa Inggris mengaplikasikan metode
Task-Based Instruction di dalam pengajaran tata bahasa Inggris kepada siswa
sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kelas dengan melibatkan
seorang guru bahasa Inggris sebagai partisipan penelitian dalam mengajar siswa
kelas 6 sekolah dasar yang mempelajari materi tata bahasa bahasa Inggris. Data
dikumpulkan melalui observasi kelas menggunakan rekaman video dan interaktif
model untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukan guru menggunakan
beberapa tahap kegiatan pembelajaran yaitu: (1) Pre-Task, (2) Task Cycle, dan (3)
Language focus. Dapat disimpulkan bahwa Task-Based Instruction dalam
pengajaran tata bahasa Inggris mendorong pembelajaran aktif, pemahaman
kontekstual dan pembelajaran yang berpusat pada siswa melalui beberapa
kegiatan yang interaktif, komunikatif, dan bervariatif dalam tiga tahap
pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan strategi-strategi baru
perihal mengajar tata bahasa Inggris menggunakan metode Task-Based
Instruction khususnya pada tingkat sekolah dasar.
Kata kunci: Task-Based Instruction, Pengajaran Tata Bahasa bahasa Inggris,
Siswa Sekolah Dasar.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 04:37 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 04:37 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/280 |
