PENGARUHMODELPEMBELAJARANCOOPERATIVEINTEGRATED READINGANDCOMPOSITION(CIRC)TERHADAPKEMAMPUAN MENELAAHDANMENYAJIKANTEKSPIDATOPERSUASIF (Eksperimen pada Peserta didik Kelas IX MTs N 2 Kota Banjar Tahun Ajaran 2024/2025)

Darmawan, Asep Iman (2024) PENGARUHMODELPEMBELAJARANCOOPERATIVEINTEGRATED READINGANDCOMPOSITION(CIRC)TERHADAPKEMAMPUAN MENELAAHDANMENYAJIKANTEKSPIDATOPERSUASIF (Eksperimen pada Peserta didik Kelas IX MTs N 2 Kota Banjar Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
6. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 7. BAB 1.pdf] Text
7. BAB 1.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 8. BAB 2.pdf] Text
8. BAB 2.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 9. BAB 3.pdf] Text
9. BAB 3.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 10. BAB 4.pdf] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. BAB 5.pdf] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 13. LAMPIRAN.pdf] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of 14. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf] Text
14. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)

Abstract

Aspek penting yang menunjang keberhasilan suatu proses pembelajaran adalah kesesuaian materi dan model pembelajaran yang digunakan. Fenomena permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini berkaitan dengan model pembelajaran. Dengan menawarkan model pembelajaran Cooperative Integrated
Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks pidato persuasif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan
menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks pidato persuasif pada peserta didik kelas IX MTsN 2 Kota Banjar tahun ajaran 2024/2025. Metode yang
digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IX MTsN 2 Kota Banjar tahun ajaran 2024/2025. Sampel
penelitian yang digunakan adalah kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, rata-rata nilai peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks pidato persuasif yakni 26,44 (pretest) dan 81,55 (posttest) dengan rata-rata peningkatannya sebesar 0,7. Rata-rata nilai peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran menyajikan teks pidato persuasif yakni 56,07 (pretest) dan 91,53 (posttest) dengan
rata-rata peningkatannya sebesar 0,7. Sedangkan rata-rata nilai peserta didik di kelas kontrol pada pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks pidato persuasif
yakni 48,56 (pretest) dan 62,94 (posttest) dengan rata-rata peningkatannya sebesar 0,2. Rata-rata nilai peserta didik di kelas kontrol pada pembelajaran menyajikan teks
pidato persuasif yakni 71,72 (pretest) dan 82,05 (posttest) dengan rata-rata peningkatannya sebesar 0,3. Sebelum melakukan uji hipotesis, diperlukan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan sebaran data yang diperoleh, telah
diketahui bahwa data nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak berdistribusi normal dan homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis
menggunakan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon menunjukkan 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh terhadap kemampuan menelaah struktur dan
kebahasaan serta menyajikan teks pidato persuasif pada peserta didik kelas IX MTsN 2 Kota Banjar tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 28 Oct 2025 04:38
Last Modified: 28 Oct 2025 04:38
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/279

Actions (login required)

View Item
View Item