Darmawan, Asep Iman (2024) PENGARUHMODELPEMBELAJARANCOOPERATIVEINTEGRATED READINGANDCOMPOSITION(CIRC)TERHADAPKEMAMPUAN MENELAAHDANMENYAJIKANTEKSPIDATOPERSUASIF (Eksperimen pada Peserta didik Kelas IX MTs N 2 Kota Banjar Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (123kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (325kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (449kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (56kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (173kB)
6. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (197kB)
7. BAB 1.pdf
Download (115kB)
8. BAB 2.pdf
Download (225kB)
9. BAB 3.pdf
Download (312kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (93kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (138kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
14. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (114kB)
Abstract
Aspek penting yang menunjang keberhasilan suatu proses pembelajaran adalah kesesuaian materi dan model pembelajaran yang digunakan. Fenomena permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini berkaitan dengan model pembelajaran. Dengan menawarkan model pembelajaran Cooperative Integrated
Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks pidato persuasif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan
menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks pidato persuasif pada peserta didik kelas IX MTsN 2 Kota Banjar tahun ajaran 2024/2025. Metode yang
digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IX MTsN 2 Kota Banjar tahun ajaran 2024/2025. Sampel
penelitian yang digunakan adalah kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, rata-rata nilai peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks pidato persuasif yakni 26,44 (pretest) dan 81,55 (posttest) dengan rata-rata peningkatannya sebesar 0,7. Rata-rata nilai peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran menyajikan teks pidato persuasif yakni 56,07 (pretest) dan 91,53 (posttest) dengan
rata-rata peningkatannya sebesar 0,7. Sedangkan rata-rata nilai peserta didik di kelas kontrol pada pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks pidato persuasif
yakni 48,56 (pretest) dan 62,94 (posttest) dengan rata-rata peningkatannya sebesar 0,2. Rata-rata nilai peserta didik di kelas kontrol pada pembelajaran menyajikan teks
pidato persuasif yakni 71,72 (pretest) dan 82,05 (posttest) dengan rata-rata peningkatannya sebesar 0,3. Sebelum melakukan uji hipotesis, diperlukan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan sebaran data yang diperoleh, telah
diketahui bahwa data nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak berdistribusi normal dan homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis
menggunakan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon menunjukkan 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh terhadap kemampuan menelaah struktur dan
kebahasaan serta menyajikan teks pidato persuasif pada peserta didik kelas IX MTsN 2 Kota Banjar tahun ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 04:38 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 04:38 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/279 |
