RANIA, NAZLA (2025) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENDANGAN PENCAK SILAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW PADA SISWA SMA NEGERI 9 TASIKMALAYA. Other thesis, Universitas siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (240kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (212kB)
3 PENGUJI.pdf
Download (265kB)
4 PERNYATAAN.pdf
Download (228kB)
5 MOTTO.pdf
Download (116kB)
6 ABSTRAK.pdf
Download (247kB)
7 KATA PENGANTAR.pdf
Download (188kB)
8 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (278kB)
9 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf
Download (392kB)
10 BAB 1.pdf
Download (297kB)
11 BAB 2.pdf
Download (791kB)
12 BAB 3.pdf
Download (535kB)
13 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (836kB)
14 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (228kB)
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (257kB)
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
17 RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (141kB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi saat melaksanakan pengamatan dalam pembelajaran pencak silat pada peserta didik kelas XI B 3 SMA Negeri 9 Tasikmalaya dan hasil diskusi dengan guru PJOK SMA Negeri 9 Tasikmalaya. Terdapat masalah yang ditemukan yaitu banyaknya peserta didik yang belum memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar tendangan sabit dan tendangan T pada olahraga pencak silat dengan menggunakan model cooperative learning type jigsaw pembelajaran pada peserta didik kelas XI B 3 SMA Negeri 9 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI B 3 yang berjumlah 35 peserta didik yang terdiri dari 17 peserta didik putri dan 18 peserta didik putra. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi/pengamatan. Teknik analisis data secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase. Prosedur penelitian menggunakan tahapan siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model cooperative type jigsaw pembelajaran pada tendangan sabit dan tendangan T pencak silat mengalami peningkatan dari kondisi awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Sebelumnya pelaksanaan tindakan peserta didik yang berhasil mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) pada angka 75 untuk hasil belajar tendangan sabit dan tendangan T pencak silat sebanyak 8 peserta didik atau 22,85% selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus I, yaitu menjadi 15 peserta didik atau 42,85% masih belum mencapai target dilanjutkan lah pada siklus II terjadi peningkatan persentase hasil belajar yaitu sebanyak 29 peserta didik atau 82,85% dengan kategori sangat tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning type jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar tendangan sabit dan tendangan T pada peserta didik kelas XI B 3 SMA Negeri 9 Tasikmalaya.
Kata kunci: Cooperative Learning Type Jigsaw, Hasil Belajar, Pencak Silat, Tendangan Sabit, Tendangan T
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 02:12 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 02:12 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2718 |
