IMPROVING VOCABULARY MASTERY FOR EFL LEARNERS THROUGH MOBILE-ASSISTED LANGUAGE LEARNING WITH DUOLINGO

RABIULTSANI, ZAHRANI (2025) IMPROVING VOCABULARY MASTERY FOR EFL LEARNERS THROUGH MOBILE-ASSISTED LANGUAGE LEARNING WITH DUOLINGO. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 2. APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 3. EXAMINER PAGE.pdf] Text
3. EXAMINER PAGE.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN.pdf] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 6. PREFACE.pdf] Text
6. PREFACE.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 7. ACKNOWLEDGMENTS.pdf] Text
7. ACKNOWLEDGMENTS.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 8. TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 9. CHAPTER 1.pdf] Text
9. CHAPTER 1.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 10. CHAPTER 2.pdf] Text
10. CHAPTER 2.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of 11. CHAPTER 3.pdf] Text
11. CHAPTER 3.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 12. CHAPTER 4.pdf] Text
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[thumbnail of 13. CHAPTER 5.pdf] Text
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[thumbnail of 14. REFERENCES.pdf] Text
14. REFERENCES.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 15. ENCLOSURES.pdf] Text
15. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 16. BIOGRAPHY.pdf] Text
16. BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa EFL melalui Mobile-Assisted Language Learning (MALL) menggunakan aplikasi Duolingo. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan kosakata siswa di salah satu kelas tujuh SMP di Tasikmalaya, yang teridentifikasi melalui hasil pre-observasi, pre-wawancara, dan pre-test. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes (pre test dan post-test), dengan pendekatan campuran kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Duolingo secara signifikan meningkatkan penguasaan kosakata siswa dalam aspek makna, ejaan, tata bahasa, dan pelafalan. Siswa menunjukkan peningkatan motivasi dan keterlibatan aktif dalam belajar kosakata melalui fitur-fitur interaktif Duolingo. Peningkatan ini juga tercermin dalam hasil tes, di mana sebagian besar siswa berhasil mencapai atau melebihi kriteria ketuntasan minimal. Dengan demikian, Duolingo sebagai bentuk MALL terbukti menjadi alat alternatif yang efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

Kata kunci: penguasaan kosakata, Mobile-Assisted Language Learning, Duolingo, EFL, penelitian tindakan kelas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 12 Dec 2025 07:42
Last Modified: 12 Dec 2025 07:42
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2701

Actions (login required)

View Item
View Item