RABIULTSANI, ZAHRANI (2025) IMPROVING VOCABULARY MASTERY FOR EFL LEARNERS THROUGH MOBILE-ASSISTED LANGUAGE LEARNING WITH DUOLINGO. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (155kB)
2. APPROVAL SHEET.pdf
Download (67kB)
3. EXAMINER PAGE.pdf
Download (54kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (64kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (100kB)
6. PREFACE.pdf
Download (96kB)
7. ACKNOWLEDGMENTS.pdf
Download (99kB)
8. TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (110kB)
9. CHAPTER 1.pdf
Download (165kB)
10. CHAPTER 2.pdf
Download (295kB)
11. CHAPTER 3.pdf
Download (226kB)
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (264kB)
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (98kB)
14. REFERENCES.pdf
Download (181kB)
15. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
16. BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (29kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa EFL melalui Mobile-Assisted Language Learning (MALL) menggunakan aplikasi Duolingo. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan kosakata siswa di salah satu kelas tujuh SMP di Tasikmalaya, yang teridentifikasi melalui hasil pre-observasi, pre-wawancara, dan pre-test. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes (pre test dan post-test), dengan pendekatan campuran kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Duolingo secara signifikan meningkatkan penguasaan kosakata siswa dalam aspek makna, ejaan, tata bahasa, dan pelafalan. Siswa menunjukkan peningkatan motivasi dan keterlibatan aktif dalam belajar kosakata melalui fitur-fitur interaktif Duolingo. Peningkatan ini juga tercermin dalam hasil tes, di mana sebagian besar siswa berhasil mencapai atau melebihi kriteria ketuntasan minimal. Dengan demikian, Duolingo sebagai bentuk MALL terbukti menjadi alat alternatif yang efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing.
Kata kunci: penguasaan kosakata, Mobile-Assisted Language Learning, Duolingo, EFL, penelitian tindakan kelas
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 07:42 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 07:42 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2701 |
