EXPLORING THE ROLE OF INFORMAL PEER INTERACTION IN BUILDING CONFIDENCE AMONG EFL LEARNERS: A SELF EFFICACY PERSPECTIVE

SALAM, FAJAR (2025) EXPLORING THE ROLE OF INFORMAL PEER INTERACTION IN BUILDING CONFIDENCE AMONG EFL LEARNERS: A SELF EFFICACY PERSPECTIVE. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. cover.pdf] Text
1. cover.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 2. approval sheet.pdf] Text
2. approval sheet.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 3. approval sheet.pdf] Text
3. approval sheet.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of 4. lembar pernyataan.pdf] Text
4. lembar pernyataan.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 5. abstract.pdf] Text
5. abstract.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 6. PREFACE.pdf] Text
6. PREFACE.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 7. ACKNOWLEDGMENTS.pdf] Text
7. ACKNOWLEDGMENTS.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 8. TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 9. chapter 1.pdf] Text
9. chapter 1.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 10. chapter 2.pdf] Text
10. chapter 2.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 11. chapter 3.pdf] Text
11. chapter 3.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of 12. chapter 4.pdf] Text
12. chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[thumbnail of 13. chapter 5.pdf] Text
13. chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[thumbnail of 14. REFERENCES.pdf] Text
14. REFERENCES.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 15. ENCLOSURES.pdf] Text
15. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)

Abstract

Kepercayaan diri dalam berbicara merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL). Meskipun berbagai penelitian telah banyak membahas topik ini dalam konteks kelas formal, masih sedikit yang menyoroti bagaimana interaksi informal antar teman sebaya dapat berperan dalam membangun kepercayaan diri berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman mahasiswa dalam menggunakan Bahasa Inggris secara informal dengan teman sebaya, serta bagaimana pengalaman tersebut berkontribusi terhadap peningkatan kepercayaan diri mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode narrative inquiry, dan melibatkan dua mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Siliwangi sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dianalisis secara naratif dan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi informal, seperti percakapan santai, diskusi tugas, dan komunikasi melalui aplikasi pesan singkat, memberikan ruang yang aman dan mendukung bagi mahasiswa untuk berlatih berbicara tanpa tekanan. Melalui pengalaman ini, mereka merasa lebih percaya diri, terbuka untuk melakukan kesalahan, dan termotivasi untuk terus meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran interaksi informal dalam mendukung pengembangan kepercayaan diri berbicara mahasiswa EFL dan mendorong integrasi kegiatan berbasis komunikasi antar teman sebaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Kata kunci: Kepercayaan Diri Berbicara, Interaksi Teman Sebaya Informal, EFL, Narrative Inquiry, Efikasi Diri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 12 Dec 2025 03:43
Last Modified: 12 Dec 2025 03:43
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2678

Actions (login required)

View Item
View Item