SALAM, FAJAR (2025) EXPLORING THE ROLE OF INFORMAL PEER INTERACTION IN BUILDING CONFIDENCE AMONG EFL LEARNERS: A SELF EFFICACY PERSPECTIVE. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. cover.pdf
Download (213kB)
2. approval sheet.pdf
Download (43kB)
3. approval sheet.pdf
Download (29kB)
4. lembar pernyataan.pdf
Download (44kB)
5. abstract.pdf
Download (280kB)
6. PREFACE.pdf
Download (171kB)
7. ACKNOWLEDGMENTS.pdf
Download (174kB)
8. TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (236kB)
9. chapter 1.pdf
Download (210kB)
10. chapter 2.pdf
Download (226kB)
11. chapter 3.pdf
Download (462kB)
12. chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (398kB)
13. chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (195kB)
14. REFERENCES.pdf
Download (267kB)
15. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (328kB)
Abstract
Kepercayaan diri dalam berbicara merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL). Meskipun berbagai penelitian telah banyak membahas topik ini dalam konteks kelas formal, masih sedikit yang menyoroti bagaimana interaksi informal antar teman sebaya dapat berperan dalam membangun kepercayaan diri berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman mahasiswa dalam menggunakan Bahasa Inggris secara informal dengan teman sebaya, serta bagaimana pengalaman tersebut berkontribusi terhadap peningkatan kepercayaan diri mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode narrative inquiry, dan melibatkan dua mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Siliwangi sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dianalisis secara naratif dan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi informal, seperti percakapan santai, diskusi tugas, dan komunikasi melalui aplikasi pesan singkat, memberikan ruang yang aman dan mendukung bagi mahasiswa untuk berlatih berbicara tanpa tekanan. Melalui pengalaman ini, mereka merasa lebih percaya diri, terbuka untuk melakukan kesalahan, dan termotivasi untuk terus meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran interaksi informal dalam mendukung pengembangan kepercayaan diri berbicara mahasiswa EFL dan mendorong integrasi kegiatan berbasis komunikasi antar teman sebaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Kata kunci: Kepercayaan Diri Berbicara, Interaksi Teman Sebaya Informal, EFL, Narrative Inquiry, Efikasi Diri
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 03:43 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 03:43 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2678 |
