THE USE OF CAKE APPLICATION IN LEARNING ENGLISH TOWARDS STUDENTS’ SELF-DIRECTED LEARNING THROUGH THE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) FRAMEWORK

PERMATASARI, RAIHANA (2025) THE USE OF CAKE APPLICATION IN LEARNING ENGLISH TOWARDS STUDENTS’ SELF-DIRECTED LEARNING THROUGH THE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) FRAMEWORK. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01 Cover.pdf] Text
01 Cover.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 02 Approval Sheet.pdf] Text
02 Approval Sheet.pdf

Download (571kB)
[thumbnail of 03 The Examiners Page.pdf] Text
03 The Examiners Page.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 04 Lembar Pernyataan.pdf] Text
04 Lembar Pernyataan.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of 05 Motto.pdf] Text
05 Motto.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 06 Abstrak.pdf] Text
06 Abstrak.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 07 Abstract.pdf] Text
07 Abstract.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 08 Preface.pdf] Text
08 Preface.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 09 Acknowledgments.pdf] Text
09 Acknowledgments.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of 10 Table of Contents.pdf] Text
10 Table of Contents.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 11 List of Tables.pdf] Text
11 List of Tables.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 12 List of Figures.pdf] Text
12 List of Figures.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 13 List of Enclosures.pdf] Text
13 List of Enclosures.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 14 Chapter 1.pdf] Text
14 Chapter 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 15 Chapter 2.pdf] Text
15 Chapter 2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 16 Chapter 3.pdf] Text
16 Chapter 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 17 Chapter 4.pdf] Text
17 Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 18 Chapter 5.pdf] Text
18 Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[thumbnail of 19 References.pdf] Text
19 References.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 20 Enclosures.pdf] Text
20 Enclosures.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi persepsi siswa sekolah menengah pertama terhadap penggunaan aplikasi Cake dalam mendukung pembelajaran bahasa Inggris secara mandiri, dengan menggunakan kerangka teori Technology Acceptance Model (TAM). Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur terhadap tiga siswa sekolah menengah pertama, yang kemudian dianalisis menggunakan teori analisis tematik dari Braun dan Clarke (2006). Hasil penelitian mengungkapkan dua tema utama: (1) Persepsi Manfaat (Perceived Usefulness) dari aplikasi Cake dan (2) Persepsi Kemudahan Penggunaan (Perceived Ease of Use) dari aplikasi Cake. Temuan menunjukkan bahwa para siswa memandang aplikasi ini sebagai alat yang sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris, khususnya dalam aspek mendengarkan, pelafalan, dan penguasaan kosakata. Selain itu, hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi mobile seperti Cake dapat berperan penting dalam mendorong pembelajaran mandiri, terutama ketika peserta didik melihat teknologi tersebut sebagai sesuatu yang bermanfaat dan mudah diakses. Diharapkan bahwa dengan mengintegrasikan alat digital yang ramah pengguna dalam pembelajaran bahasa Inggris, tidak hanya mendukung perkembangan bahasa tetapi juga menumbuhkan kemandirian belajar di kalangan siswa sekolah menengah pertama.

Kata Kunci: Aplikasi Cake, Model Penerimaan Teknologi, Pembelajaran Bahasa Inggris, Pembelajaran Mandiri, Sekolah Menengah Pertama

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 12 Dec 2025 01:33
Last Modified: 12 Dec 2025 01:33
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2638

Actions (login required)

View Item
View Item