SAPUTRI, MILA (2025) PENGARUH SELF-EFFICACY, MINAT BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Kepada Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. cover.pdf
Download (105kB)
2. pengesahan.pdf
Download (355kB)
3. penguji.pdf
Download (388kB)
4. pernyataan.pdf
Download (379kB)
5. abstrak.pdf
Download (72kB)
6. kata pengantar.pdf
Download (183kB)
7. ucapan terimakasih.pdf
Download (138kB)
8. daftar isi.pdf
Download (172kB)
9. bab i.pdf
Download (210kB)
10. bab ii.pdf
Download (245kB)
11, bab iii.pdf
Download (347kB)
12. bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (248kB)
13. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (135kB)
14. daftar pustaka.pdf
Download (206kB)
15. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
16. biodata.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (80kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 Tasikmalaya, yang ditunjukkan oleh banyaknya siswa belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Rendahnya capaian ini tampak pada berbagai indikator hasil belajar, mulai dari keterampilan intelektual, strategi kognitif, sikap, hingga keterampilan motorik yang belum optimal. Fenomena tersebut mendorong perlunya kajian mengenai faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar, baik dari aspek internal maupun eksternal, seperti self-efficacy, minat belajar, dan lingkungan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self efficacy, minat belajar, dan lingkungan keluarga baik secara parsial maupun simultan terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Ekonomi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei menggunakan angket kuesioner. Sampel penelitian berjumlah 118 siswa yang diambil dengan teknik sampel jenuh. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda melalui program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, minat belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, serta lingkungan keluarga juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai R Square sebesar 0,667, yang berarti kontribusinya mencapai 66,7%, sedangkan 33,3% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian.
Kata Kunci: Self-Efficacy, Minat Belajar, Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 01:23 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 01:23 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2634 |
