MAULANI, FINNA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (30kB)
2.PENGESAHAN.pdf
Download (155kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (110kB)
4. PENGUJI.pdf
Download (115kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (121kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (73kB)
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (77kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (104kB)
9. BAB I.pdf
Download (80kB)
10. BAB II.pdf
Download (83kB)
11. BAB III.pdf
Download (309kB)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (332kB)
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (155kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
16. RIWAYATH HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (86kB)
Abstract
Masalah pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) khusunya pada mata pelajaran ekonomi di Kelas X SMA Negeri 3 Tasikmalaya, serta kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Dengan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger berbantuan video. Model ini dipilih karena berorientasi pada pengembangan berpikir kreatif dan pemecahan masalah, sedangkan media video digunakan sebagai alat bantu visual yang dapat meningkatkan pemahaman konsep. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X yang mendapatkan pelajaran ekonomi yang berjumlah 432 peserta didik. Sampel yang digunakan yaitu kelas X-7 dan X-12 dengan menggunakan teknik nonprobability sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar dalam bentuk soal uraian. Analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Treffinger berbantuan video dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Treffinger berbantuan video berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Model Pembelajaran Treffinger, Video Pembelajaran, Hasil Belajar, Quasi Eksperimen
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 01:17 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 01:17 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2630 |
