PERMATA, SHERIN BUNGA (2025) NARRATING THE PROFESSIONAL IDENTITY OF AN ENGLISH INSTRUCTOR IN A PRIVATE ENGLISH COURSE. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 Cover.pdf
Download (263kB)
02 Approval Sheet.pdf
Download (4MB)
03 Approval Sheet of the Examiners.pdf
Download (4MB)
04 Pernyataan.pdf
Download (4MB)
05 Abstrak.pdf
Download (114kB)
06 Abstract.pdf
Download (123kB)
07 Preface.pdf
Download (227kB)
08 Acknowledgments.pdf
Download (128kB)
09 Table of Contents.pdf
Download (677kB)
10 List of Tables.pdf
Download (4kB)
11 List of Figures.pdf
Download (119kB)
12 List of Enclosures.pdf
Download (5kB)
13 Chapter 1.pdf
Download (487kB)
14 Chapter 2.pdf
Download (1MB)
15 Chapter 3.pdf
Download (737kB)
16 Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (621kB)
17 Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (240kB)
18 References.pdf
Download (814kB)
19 Enclosures.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Identitas profesional guru merupakan aspek krusial dalam proses menjadi dan berkembang sebagai seorang pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perjalanan seorang guru pemula dalam membentuk identitas profesionalnya. Secara khusus, penelitian ini berfokus pada bagaimana guru tersebut mengalami proses pembentukan identitas melalui pelatihan, refleksi, keterlibatan emosional, dan pembelajaran mandiri. Untuk mencapai tujuan tersebut, pendekatan naratif digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan didukung oleh pemantik visual. Data wawancara kemudian ditranskripsi, diterjemahkan, dan dianalisis menggunakan kerangka analisis naratif dari Labov (1972). Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa identitas profesional guru berkembang melalui serangkaian pengalaman bermakna, termasuk ketidakpastian awal, tantangan di kelas, dan proses refleksi yang berkelanjutan. Perkembangan tersebut disajikan menggunakan kerangka Labov: (1) Abstrak: “Motivasi Saya Muncul Saat di Bangku SMA”, (2) Orientasi: “Praktik Mengajar Pertama Saya Sangat Menginspirasi”, (3) Aksi yang Mempersulit: “Saya Mengalami Kesulitan dalam Proses Mengajar Pertama yang Sebenarnya”, (4) Resolusi: “Diri Baru Saya Setelah ‘Pertempuran’”, (5) Evaluasi: “Perkembangan Saya, Identitas Saya, dan Program Pelatihan Profesional Saya”, (6) Koda: “Saya Akhirnya Menikmati Mengajar sebagai Bagian dari Hidup Saya”. Penelitian ini mendukung gagasan bahwa identitas profesional guru tidak hanya dibangun dari kompetensi teknis, tetapi juga dari kesejahteraan emosional, koneksi relasional, dan rasa tanggung jawab moral yang kuat. Studi ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman yang lebih mendalam mengenai bagaimana pengalaman pribadi, motivasi, dan keterlibatan emosional saling berinteraksi dalam membentuk identitas seorang pendidik yang berkomitmen.
Kata Kunci: Identitas Profesional Guru, Penelitian Naratif, Pengalaman Pribadi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 01:12 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 01:12 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2624 |
