NARRATING THE PROFESSIONAL IDENTITY OF AN ENGLISH INSTRUCTOR IN A PRIVATE ENGLISH COURSE

PERMATA, SHERIN BUNGA (2025) NARRATING THE PROFESSIONAL IDENTITY OF AN ENGLISH INSTRUCTOR IN A PRIVATE ENGLISH COURSE. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01 Cover.pdf] Text
01 Cover.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 02 Approval Sheet.pdf] Text
02 Approval Sheet.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 03 Approval Sheet of the Examiners.pdf] Text
03 Approval Sheet of the Examiners.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 04 Pernyataan.pdf] Text
04 Pernyataan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 05 Abstrak.pdf] Text
05 Abstrak.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 06 Abstract.pdf] Text
06 Abstract.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 07 Preface.pdf] Text
07 Preface.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 08 Acknowledgments.pdf] Text
08 Acknowledgments.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 09 Table of Contents.pdf] Text
09 Table of Contents.pdf

Download (677kB)
[thumbnail of 10 List of Tables.pdf] Text
10 List of Tables.pdf

Download (4kB)
[thumbnail of 11 List of Figures.pdf] Text
11 List of Figures.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 12 List of Enclosures.pdf] Text
12 List of Enclosures.pdf

Download (5kB)
[thumbnail of 13 Chapter 1.pdf] Text
13 Chapter 1.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of 14 Chapter 2.pdf] Text
14 Chapter 2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 15 Chapter 3.pdf] Text
15 Chapter 3.pdf

Download (737kB)
[thumbnail of 16 Chapter 4.pdf] Text
16 Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[thumbnail of 17 Chapter 5.pdf] Text
17 Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[thumbnail of 18 References.pdf] Text
18 References.pdf

Download (814kB)
[thumbnail of 19 Enclosures.pdf] Text
19 Enclosures.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Identitas profesional guru merupakan aspek krusial dalam proses menjadi dan berkembang sebagai seorang pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perjalanan seorang guru pemula dalam membentuk identitas profesionalnya. Secara khusus, penelitian ini berfokus pada bagaimana guru tersebut mengalami proses pembentukan identitas melalui pelatihan, refleksi, keterlibatan emosional, dan pembelajaran mandiri. Untuk mencapai tujuan tersebut, pendekatan naratif digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan didukung oleh pemantik visual. Data wawancara kemudian ditranskripsi, diterjemahkan, dan dianalisis menggunakan kerangka analisis naratif dari Labov (1972). Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa identitas profesional guru berkembang melalui serangkaian pengalaman bermakna, termasuk ketidakpastian awal, tantangan di kelas, dan proses refleksi yang berkelanjutan. Perkembangan tersebut disajikan menggunakan kerangka Labov: (1) Abstrak: “Motivasi Saya Muncul Saat di Bangku SMA”, (2) Orientasi: “Praktik Mengajar Pertama Saya Sangat Menginspirasi”, (3) Aksi yang Mempersulit: “Saya Mengalami Kesulitan dalam Proses Mengajar Pertama yang Sebenarnya”, (4) Resolusi: “Diri Baru Saya Setelah ‘Pertempuran’”, (5) Evaluasi: “Perkembangan Saya, Identitas Saya, dan Program Pelatihan Profesional Saya”, (6) Koda: “Saya Akhirnya Menikmati Mengajar sebagai Bagian dari Hidup Saya”. Penelitian ini mendukung gagasan bahwa identitas profesional guru tidak hanya dibangun dari kompetensi teknis, tetapi juga dari kesejahteraan emosional, koneksi relasional, dan rasa tanggung jawab moral yang kuat. Studi ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman yang lebih mendalam mengenai bagaimana pengalaman pribadi, motivasi, dan keterlibatan emosional saling berinteraksi dalam membentuk identitas seorang pendidik yang berkomitmen.

Kata Kunci: Identitas Profesional Guru, Penelitian Naratif, Pengalaman Pribadi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 12 Dec 2025 01:12
Last Modified: 12 Dec 2025 01:12
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2624

Actions (login required)

View Item
View Item