JAKIAH, DEDE GINA (2025) SCIENTIFIC APPROACH IN ENGLISH ONLINE TEACHING: INDONESIAN TEACHERS’ EXPERIENCES. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (242kB)
2. APPROVAL SHEET.pdf
Download (390kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (330kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (124kB)
5. PREFACE.pdf
Download (132kB)
6. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (121kB)
7. TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (316kB)
8. CHAPTER 1.pdf
Download (411kB)
9. CHAPTER 2.pdf
Download (425kB)
10. CHAPTER 3.pdf
Download (332kB)
11. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (539kB)
12. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (299kB)
13. REFERENCES.pdf
Download (426kB)
14. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
15. BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (192kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman guru bahasa Inggris dalam menerapkan Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran bahasa Inggris secara daring. Fokus penelitian ini adalah pada bagaimana guru menerapkan lima tahapan Pendekatan Saintifik serta tantangan dan solusi yang mereka hadapi selama proses pembelajaran daring. Pendekatan Saintifik yang diwajibkan dalam Kurikulum 2013 terdiri atas lima tahapan, yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan. Peralihan mendadak dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran daring menimbulkan kesulitan dalam penerapan tahapan tersebut secara efektif di kelas virtual. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur terhadap tiga guru bahasa Inggris SMP di Tasikmalaya. Analisis tematik Braun dan Clarke (2006) digunakan untuk mengidentifikasi pola dari jawaban para partisipan. Hasil penelitian menunjukkan dua tema utama: (1) adaptasi guru terhadap tahapan Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran daring dan (2) tantangan serta solusi dalam penerapan Pendekatan Saintifik pada konteks daring. Kesimpulannya, Pendekatan Saintifik dianggap relevan dan dapat diimplementasikan jika didukung oleh perangkat digital yang tepat, perencanaan pembelajaran, dan kreativitas guru.
Kata kunci: Pendekatan Saintifik, pengalaman guru, pengajaran daring, pendidikan bahasa Inggris, penelitian kualitatif.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 07:48 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 07:48 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2607 |
