PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2023/2024)

ZAHRA, NIDA FARIDA AZ (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 3. PENGUJI.pdf] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN.pdf] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 9. BAB I.pdf] Text
9. BAB I.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 10. BAB II.pdf] Text
10. BAB II.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 12. BAB III.pdf] Text
12. BAB III.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of 13. BAB IV.pdf] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[thumbnail of 14. BAB V.pdf] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 16. LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 17. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Cihaurbeuti atau tidak tercapainya kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditentukan oleh sekolah pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan bentuk desain nonequavalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Cihaurbeuti pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 167 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 3 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 berjumlah 34 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test. Dapat ditarik kesimpulan berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together berbantuan media ular tangga setelah diberikan perlakuan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional setelah selesai pembelajaran.

Kata kunci : Numbered Head Together, Hasil Belajar, Ular Tangga

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 11 Dec 2025 07:52
Last Modified: 11 Dec 2025 07:52
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2606

Actions (login required)

View Item
View Item