ZAHRA, NIDA FARIDA AZ (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (201kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (65kB)
3. PENGUJI.pdf
Download (60kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (60kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (275kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (271kB)
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (294kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (276kB)
9. BAB I.pdf
Download (329kB)
10. BAB II.pdf
Download (380kB)
12. BAB III.pdf
Download (505kB)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (432kB)
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (195kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (229kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (173kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Cihaurbeuti atau tidak tercapainya kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditentukan oleh sekolah pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan bentuk desain nonequavalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Cihaurbeuti pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 167 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 3 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 berjumlah 34 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test. Dapat ditarik kesimpulan berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together berbantuan media ular tangga setelah diberikan perlakuan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional setelah selesai pembelajaran.
Kata kunci : Numbered Head Together, Hasil Belajar, Ular Tangga
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 07:52 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 07:52 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2606 |
