PENGARUH MODEL BLENDED PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI KALOR (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI IPA MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

AZIZAH, DEFITRIA NUR (2025) PENGARUH MODEL BLENDED PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI KALOR (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI IPA MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 4. REKOMENDASI PENGUJI SIDANG.pdf] Text
4. REKOMENDASI PENGUJI SIDANG.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf] Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIMA KAISH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIMA KAISH.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 9. BAB 1.pdf] Text
9. BAB 1.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 10. BAB 2.pdf] Text
10. BAB 2.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 11. BAB 3.pdf] Text
11. BAB 3.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 12. BAB 4.pdf] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[thumbnail of 13. BAB 5.pdf] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model Blended Project Based Learning (BPjBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi kalor di MAN 2 Kota Tasikmalaya. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi kalor masih rendah, terutama akibat metode pembelajaran ekspositori yang kurang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan tidak mendukung perbedaan individu. Model BPjBL diterapkan sebagai solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, berpikir kritis, kolaborasi, dan integrasi keterampilan teknologi melalui media Google Sites. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes uraian dan non tes berupa lembar observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MAN 2 Negeri 1 Tasikmalaya yang mengambil mata pelajaran fisika sebanyak 3 kelas dengan jumlah keseluruhan 94 siswa. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas dengan masing-masing satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa dilakukan posttest berbentuk uraian dengan jumlah soal 10 butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji statistik yaitu uji t dengan taraf signifikansi (∝ = �,��) diperoleh � ������� > ������ yaitu 5,88 > 2,00 sehingga �� diterima dan �� ditolak. Artinya pada taraf kepercayaan 95% dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran blended project based learning berbantuan google site terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi kalor di kelas XI IPA MAN 2 Tasikmalaya pada tahun ajaran 2024/2025.

Kata kunci: Blended Project Based Learning (BPjBL), Google Site, Hasil belajar kognitif, Kalor.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 11 Dec 2025 03:51
Last Modified: 11 Dec 2025 03:51
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2566

Actions (login required)

View Item
View Item