AZIZAH, DEFITRIA NUR (2025) PENGARUH MODEL BLENDED PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI KALOR (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI IPA MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (16kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (228kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (293kB)
4. REKOMENDASI PENGUJI SIDANG.pdf
Download (84kB)
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (196kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (134kB)
7. UCAPAN TERIMA KAISH.pdf
Download (75kB)
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf
Download (80kB)
9. BAB 1.pdf
Download (150kB)
10. BAB 2.pdf
Download (350kB)
11. BAB 3.pdf
Download (379kB)
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (217kB)
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (138kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model Blended Project Based Learning (BPjBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi kalor di MAN 2 Kota Tasikmalaya. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi kalor masih rendah, terutama akibat metode pembelajaran ekspositori yang kurang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan tidak mendukung perbedaan individu. Model BPjBL diterapkan sebagai solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, berpikir kritis, kolaborasi, dan integrasi keterampilan teknologi melalui media Google Sites. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes uraian dan non tes berupa lembar observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MAN 2 Negeri 1 Tasikmalaya yang mengambil mata pelajaran fisika sebanyak 3 kelas dengan jumlah keseluruhan 94 siswa. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas dengan masing-masing satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa dilakukan posttest berbentuk uraian dengan jumlah soal 10 butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji statistik yaitu uji t dengan taraf signifikansi (∝ = �,��) diperoleh � ������� > ������ yaitu 5,88 > 2,00 sehingga �� diterima dan �� ditolak. Artinya pada taraf kepercayaan 95% dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran blended project based learning berbantuan google site terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi kalor di kelas XI IPA MAN 2 Tasikmalaya pada tahun ajaran 2024/2025.
Kata kunci: Blended Project Based Learning (BPjBL), Google Site, Hasil belajar kognitif, Kalor.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 03:51 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 03:51 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2566 |
