Syaban, Firli Nuraeni (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BIODIGITAL HUMAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI DIGITAL PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (231kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (90kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (49kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (229kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (181kB)
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (164kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (193kB)
8. DAFTAR TABEL.pdf
Download (122kB)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (183kB)
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (121kB)
11. BAB I.pdf
Download (271kB)
12. BAB II.pdf
Download (684kB)
13. BAB III.pdf
Download (729kB)
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (512kB)
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (191kB)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (132kB)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Pemanfaatan media digital interaktif dalam pembelajaran biologi menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan abad 21, khususnya kemampuan berpikir kritis dan literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Biodigital Human terhadap kemampuan berpikir kritis dan literasi digital peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI SMA Negeri 6 Tasikmalaya. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya yang berjumlah 312 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 8 sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi tes uraian kemampuan berpikir kritis sebanyak 15 soal dan angket literasi digital sebanyak 20 pernyataan skala Likert 1 4 yang telah divalidasi dan reliabel. Uji prasyarat menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis data menggunakan uji One Way ANOVA menunjukkan bahwa nilai signifikansi untuk kemampuan berpikir kritis adalah 0,000 < 0,05 dan untuk literasi digital sebesar 0,030 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Biodigital Human terhadap kemampuan berpikir kritis dan literasi digital peserta didik pada pembelajaran biologi materi sistem pernapasan manusia.
Kata Kunci: Biodigital Human, Berpikir Kritis, Literasi Digital, Sistem Pernapasan Manusia
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 02:16 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 02:16 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2550 |
