FATHIAH, SILMA NURUL (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) BERBANTUAN FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Ciamis Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (290kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (5MB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (3MB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (321kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (258kB)
6. UCAPAN TRIMAKASIH.pdf
Download (310kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (408kB)
8. BAB 1.pdf
Download (429kB)
9. BAB 2.pdf
Download (730kB)
10. BAB 3.pdf
Download (1MB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (304kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (318kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (237kB)
Abstract
Proses pendidikan saat ini peserta didik diharapkan memiliki beberapa kemampuan berpikir tingkat tinggi agar mampu menghadapi tantangan global di abad 21. Salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki adalah kemampuan berpikir kritis. Upaya untuk mengembangkan kemampuan tersebut dapat dilakukan melalui penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) yang berbantuan media Flipbook. Model ini mendorong peserta didik untuk aktif dalam proses pemecahan masalah (problem solving) secara sistematis, kreatif, dan kolaboratif, sehingga dapat meningkatkan kapasitas berpikir kritis secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Search Solve Create And Share SSCS berbantuan flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI MIPA SMAN 1 Ciamis tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian the non equivalent pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 sebanyak 7 kelas yang berjumlah 231 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3 kelas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen, kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol positif, dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol negatif. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes uraian yang berjumlah 18 butir soal mengenai sistem ekskresi manusia. Teknik Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat dengan hasil data normal dan homogen. Selanjutnya Uji hipotesis menggunakan uji ANCOVA dengan taraf signifikasi 0,000<0,05 yang menunjukan bahwa Ho ditolak, Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Search Solve Create And Share SSCS berbantuan flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Flipbook, Pembelajaran Biologi, Sistem Ekskresi, SSCS.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 01:51 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 01:51 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2542 |
