PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) BERBANTUAN FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Ciamis Tahun Ajaran 2024/2025)

FATHIAH, SILMA NURUL (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) BERBANTUAN FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Ciamis Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 3. PERNYATAAN.pdf] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 6. UCAPAN TRIMAKASIH.pdf] Text
6. UCAPAN TRIMAKASIH.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (730kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)

Abstract

Proses pendidikan saat ini peserta didik diharapkan memiliki beberapa kemampuan berpikir tingkat tinggi agar mampu menghadapi tantangan global di abad 21. Salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki adalah kemampuan berpikir kritis. Upaya untuk mengembangkan kemampuan tersebut dapat dilakukan melalui penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) yang berbantuan media Flipbook. Model ini mendorong peserta didik untuk aktif dalam proses pemecahan masalah (problem solving) secara sistematis, kreatif, dan kolaboratif, sehingga dapat meningkatkan kapasitas berpikir kritis secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Search Solve Create And Share SSCS berbantuan flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI MIPA SMAN 1 Ciamis tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian the non equivalent pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 sebanyak 7 kelas yang berjumlah 231 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3 kelas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen, kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol positif, dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol negatif. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes uraian yang berjumlah 18 butir soal mengenai sistem ekskresi manusia. Teknik Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat dengan hasil data normal dan homogen. Selanjutnya Uji hipotesis menggunakan uji ANCOVA dengan taraf signifikasi 0,000<0,05 yang menunjukan bahwa Ho ditolak, Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Search Solve Create And Share SSCS berbantuan flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia.

Kata Kunci: Berpikir Kritis, Flipbook, Pembelajaran Biologi, Sistem Ekskresi, SSCS.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 11 Dec 2025 01:51
Last Modified: 11 Dec 2025 01:51
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2542

Actions (login required)

View Item
View Item