PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SUB KONSEP SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA (Studi Ekperimen di Kelas VIII SMP Negeri 1 Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2015/2016)

PRASETYA, ADIK YUDA (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SUB KONSEP SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA (Studi Ekperimen di Kelas VIII SMP Negeri 1 Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2015/2016). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 3. PERNYATAAN.pdf] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 5. ABSTRACT.pdf] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 8. BAB I.pdf] Text
8. BAB I.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 9. BAB II.pdf] Text
9. BAB II.pdf

Download (814kB)
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 11. JADWAL KEGIATAN PENELITIAN.pdf] Text
11. JADWAL KEGIATAN PENELITIAN.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 12. BAB IV.pdf] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[thumbnail of 13. BAB V.pdf] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 15. SILABUS.pdf] Text
15. SILABUS.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 16. RPP (CTL).pdf] Text
16. RPP (CTL).pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 17. RPP (SPK).pdf] Text
17. RPP (SPK).pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 18. Lembar Kerja Siswa SPK 1.pdf] Text
18. Lembar Kerja Siswa SPK 1.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 19. Lembar Kerja Siswa SPK 2.pdf] Text
19. Lembar Kerja Siswa SPK 2.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 20. Lembar Kerja Siswa CTL 1.pdf] Text
20. Lembar Kerja Siswa CTL 1.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of 21. Lembar Kerja Siswa CTL 2.pdf] Text
21. Lembar Kerja Siswa CTL 2.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of 22. INSTRUMEN SOAL.pdf] Text
22. INSTRUMEN SOAL.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 23. PERHITUNGAN VALIDITAS DAN RELIABILITAS.pdf] Text
23. PERHITUNGAN VALIDITAS DAN RELIABILITAS.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 24. DATA HASIL PENELITIAN.pdf] Text
24. DATA HASIL PENELITIAN.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 25. PERHITUNGAN STATISTIKA.pdf] Text
25. PERHITUNGAN STATISTIKA.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 26. TABEL STATISTIK.pdf] Text
26. TABEL STATISTIK.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 27. DOKUMENTESI PENELITIAN.pdf] Text
27. DOKUMENTESI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[thumbnail of 28. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
28. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang proses pembelajarannya mengunakan strategi pembelajaran kooperatif dan strategi pembelajaran kontekstual pada sub konsep sistem pernapasan pada manusia di kelas VIII SMP Negeri 1 Cgalontang Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2015 sampai bulan Agustus 2016 di SMP Negeri 1 Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian menggunakan pre eksperimental dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cgalontang Kota Tasikmalaya sebanyak 8 kelas dan sampel yang digunakan siswa sebanyak 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B masing-masing terdiri dari 25 siswa. Instrumen penelitian adalah berupa tes hasil belajar sub konsep sistem pernapasan pada manusia yang berjumlah 40 soal, teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang proses pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran kooperatif dan strategi pembelajaran kontekstual pada sub konsep sistem pernapasan pada manusia di kelas VIII SMP Negeri 1 Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 11 Dec 2025 01:45
Last Modified: 11 Dec 2025 01:45
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2539

Actions (login required)

View Item
View Item