MAHARANI, FERA (2025) INVESTIGATING STUDENTS’ CHALLENGES AND SOLUTIONS IN ANALYZING FORMAL UNIVERSITY WEBSITE USING MULTIMODAL ANALYSIS AT A GRAMMAR IN MULTIMODAL DISCOURSE CLASS. Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (90kB)
2. APPROVAL SHEET.pdf
Download (70kB)
3. APPROVAL SHEET.pdf
Download (52kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (62kB)
5. ABSTRACT.pdf
Download (98kB)
6. PREFACE.pdf
Download (29kB)
7. ACKNOWLEDGEMENT.pdf
Download (98kB)
8. TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (159kB)
9. CHAPTER 1.pdf
Download (107kB)
10. CHAPTER 2.pdf
Download (139kB)
11. CHAPTER 3.pdf
Download (211kB)
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (229kB)
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (31kB)
14. REFERENCES.pdf
Download (113kB)
15. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
16. BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (57kB)
Abstract
Perkembangan teknologi dan optimalisasi media digital telah diaplikasikan di berbagai jenjang pendidikan, khususnya perguruan tinggi. Banyak layanan yang dilakukan melalui media digital, salah satunya adalah website formal perguruan tinggi dan telah mendapatkan beberapa respon. Hal tersebut menjadi objek penelitian pada salah satu mata kuliah Grammar in Multimodal Discourse yang dalam proses analisisnya menuai tantangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tantangan dan solusi mahasiswa dalam menganalisis website formal perguruan tinggi menggunakan analisis multimodal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus deskriptif. Partisipan terdiri dari tiga mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu perguruan tinggi di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara semi terstruktur. Analisis data dilakukan dengan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan menghadapi dua tantangan, yaitu: (1) Tantangan visual dan desain yang mencakup empat subtema dan (2) Tantangan kognitif dan pemahaman. Kemudian terdapat pula tiga solusi, yaitu: (1) Mencari dukungan eksternal, (2) Penelitian independen, (3) Analisis sistematis dan evaluasi komparatif. Oleh karena itu, dengan memperhatikan tantangan dalam analisis situs web, dapat meningkatkan kemampuan kognitif mahasiswa, menciptakan solusi yang relevan untuk kemajuan analisis di masa mendatang, dan dapat menjadi masukan bagi institusi terkait tampilan situs web.
Kata Kunci: Multimodal, Grammar in Multimodal Discourse, Website Universitas, Tantangan, Solusi Kognitif
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 01:10 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 01:10 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2529 |
