Ratnasari, Putri Resi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERPEN (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 20 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (183kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (313kB)
3. ABSTRAK.pdf
Download (166kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (250kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (295kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (192kB)
7. BAB I.pdf
Download (358kB)
8. BAB II.pdf
Download (726kB)
9. BAB III.pdf
Download (1MB)
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (444kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (464kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
14. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (444kB)
Abstract
Cerpen salah satu karya sastra yang memiliki unsur intrinsik yang perlu dipahami. Kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen salah satu hal yang harus dipelajari pada jenjang SMP. Pada kenyataanya, masih banyak peserta didik yang masih kesulitan dalam memahami unsur intrinsik cerpen, khususnya di SMP Negeri 20 Tasikmalaya. Oleh sebab itu diperlukan model pembelajaran yang melibatkan peran aktif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerpen pada kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi ekperimen. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model group investigation dan kelas kontrol menggunakan model discovery Learning, masing-masing siswa berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian menggunakan esai yang diberikan saat pretest dan posttest. Analisis data yang dilakukan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji N gain. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-ratapretest kelas eksperimen 49,9 sedangkan nilai posttest kelas eksperimen 76,6, perbedaan peningkatan dari preetest dan postest yaitu 26,6 poin atau 53,4%. Kelas kontrol yang memperoleh nilai rata-rata pretest 49,9 dan nilai rata-rata postest 60,6, perbedaan peningkatan dari pretest ke postest yaitu 10,7 poin atau 21,4%. Perbedaan peningkatan rata-rata yaitu 16 poin. Nilai N Gain kelas eksperimen sebesar 0,5296 berada pada kategori sedang, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,2147 termasuk kategori rendah. Hasil uji t menunjukkan t hitung sebesar 10,925 yang lebih besar dari r tabel 0,394, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara dua kelas tersebut. Signifikan dari n gain kategori sedang itu nilai rata-rata N-gain 0,30- <0,70. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation berpengaruh posistif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen kelas VIII.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 08:05 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 08:05 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2509 |
