PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERPEN (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 20 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

Ratnasari, Putri Resi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERPEN (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 20 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN.pdf] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 7. BAB I.pdf] Text
7. BAB I.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 8. BAB II.pdf] Text
8. BAB II.pdf

Download (726kB)
[thumbnail of 9. BAB III.pdf] Text
9. BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 10. BAB IV.pdf] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. BAB V.pdf] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of 13. LAMPIRAN.pdf] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 14. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
14. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)

Abstract

Cerpen salah satu karya sastra yang memiliki unsur intrinsik yang perlu dipahami. Kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen salah satu hal yang harus dipelajari pada jenjang SMP. Pada kenyataanya, masih banyak peserta didik yang masih kesulitan dalam memahami unsur intrinsik cerpen, khususnya di SMP Negeri 20 Tasikmalaya. Oleh sebab itu diperlukan model pembelajaran yang melibatkan peran aktif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerpen pada kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi ekperimen. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model group investigation dan kelas kontrol menggunakan model discovery Learning, masing-masing siswa berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian menggunakan esai yang diberikan saat pretest dan posttest. Analisis data yang dilakukan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji N gain. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-ratapretest kelas eksperimen 49,9 sedangkan nilai posttest kelas eksperimen 76,6, perbedaan peningkatan dari preetest dan postest yaitu 26,6 poin atau 53,4%. Kelas kontrol yang memperoleh nilai rata-rata pretest 49,9 dan nilai rata-rata postest 60,6, perbedaan peningkatan dari pretest ke postest yaitu 10,7 poin atau 21,4%. Perbedaan peningkatan rata-rata yaitu 16 poin. Nilai N Gain kelas eksperimen sebesar 0,5296 berada pada kategori sedang, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,2147 termasuk kategori rendah. Hasil uji t menunjukkan t hitung sebesar 10,925 yang lebih besar dari r tabel 0,394, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara dua kelas tersebut. Signifikan dari n gain kategori sedang itu nilai rata-rata N-gain 0,30- <0,70. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation berpengaruh posistif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen kelas VIII.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 10 Dec 2025 08:05
Last Modified: 10 Dec 2025 08:05
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2509

Actions (login required)

View Item
View Item