PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta didik Kelas VIII G SMP Negeri 13 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

GUMILANG, RETNA AYU RATU (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta didik Kelas VIII G SMP Negeri 13 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1.Cover.pdf] Text
1.Cover.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 2.Lembar pengesahan.pdf] Text
2.Lembar pengesahan.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of 3.Lembar pernyataan.pdf] Text
3.Lembar pernyataan.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 4.Abstrak.pdf] Text
4.Abstrak.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 5.kata pengantar.pdf] Text
5.kata pengantar.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 6.Bab 1.pdf] Text
6.Bab 1.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 7.Bab 2.pdf] Text
7.Bab 2.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 8.Bab 3.pdf] Text
8.Bab 3.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 9.Bab 4.pdf] Text
9.Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[thumbnail of 10.Bab 5.pdf] Text
10.Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[thumbnail of 11.Daftar pustaka.pdf] Text
11.Daftar pustaka.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 12.Lampiran.pdf] Text
12.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13.Riwayat hidup.pdf] Text
13.Riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)

Abstract

Kompetensi yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII salah satunya adalah menulis teks laporan hasil observasi. Namun di SMP Negeri 13 Tasikmalaya masih banyak peserta didik yang belum menguasai kompetensi tersebut sehingga belum memenuhi tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VIIIG SMP Negeri 13 Tasikmalaya. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan sumber data, yaitu kelas VIII G SMP Negeri 13 Tasikmlaya sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data ini meliputi tes, observasi, dan wawancara. Uji normalitas menunjukan data berdistribusi tidak normal, sehingga digunakan uji Wilcoxon dengan hasil Whitung 0.05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara siklus I dan II. Hasil belajar mengalami peningkatan aspek menulis teks laporan hasil observasi dari 40% ke 100%. Dengan demikian model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 13 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 10 Dec 2025 08:00
Last Modified: 10 Dec 2025 08:00
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2507

Actions (login required)

View Item
View Item