GUMILANG, RETNA AYU RATU (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta didik Kelas VIII G SMP Negeri 13 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1.Cover.pdf
Download (160kB)
2.Lembar pengesahan.pdf
Download (604kB)
3.Lembar pernyataan.pdf
Download (447kB)
4.Abstrak.pdf
Download (264kB)
5.kata pengantar.pdf
Download (296kB)
6.Bab 1.pdf
Download (256kB)
7.Bab 2.pdf
Download (368kB)
8.Bab 3.pdf
Download (349kB)
9.Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (447kB)
10.Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (231kB)
11.Daftar pustaka.pdf
Download (242kB)
12.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13.Riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (232kB)
Abstract
Kompetensi yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII salah satunya adalah menulis teks laporan hasil observasi. Namun di SMP Negeri 13 Tasikmalaya masih banyak peserta didik yang belum menguasai kompetensi tersebut sehingga belum memenuhi tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VIIIG SMP Negeri 13 Tasikmalaya. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan sumber data, yaitu kelas VIII G SMP Negeri 13 Tasikmlaya sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data ini meliputi tes, observasi, dan wawancara. Uji normalitas menunjukan data berdistribusi tidak normal, sehingga digunakan uji Wilcoxon dengan hasil Whitung 0.05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara siklus I dan II. Hasil belajar mengalami peningkatan aspek menulis teks laporan hasil observasi dari 40% ke 100%. Dengan demikian model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 13 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 08:00 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 08:00 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2507 |
