Muldiyanti, Sili (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 6 TASIKMALAYA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (345kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (384kB)
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (324kB)
5 KATA PENGANTAR.pdf
Download (301kB)
4 ABSTRAK.pdf
Download (276kB)
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf
Download (361kB)
7 BAB 1.pdf
Download (357kB)
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8 BAB 2.pdf
Download (580kB)
9 BAB 3.pdf
Download (794kB)
11 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (308kB)
13 DAFTAR RIOWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (238kB)
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (244kB)
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan signifikasi pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap kemampuan menulis teks berita pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen sungguhan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan tes. Sampel penelitian merupakan peserta didik kelas VII I sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas VII J sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil dari penelitian, keterampilan menulis teks berita peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran menulis teks berita diperoleh nilai rata-rata pre-test yakni 53 sedangkan nilai rata- rata post- test diperoleh nilai 71. Sedangkan, nilai pre-test yang diperoleh peserta didik di kelas kontrol pada pembelajaran menulis teks berita yakni 53, dan rata- rata nilai post- test yang diperoleh peserta didik yakni 60. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai Sig 0,000 < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran menulis teks berita di kelas eksperimen sebesar 0,4 berkategori sedang. Kemudian Rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran menulis teks berita di kelas kontrol 0,2 berkategori rendah. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Picture and Picture berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis teks berita pada peserta didik kelas VII dalam menulis teks berita di SMP Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 07:49 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 07:49 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2501 |
