PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 6 TASIKMALAYA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

Muldiyanti, Sili (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 6 TASIKMALAYA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 5 KATA PENGANTAR.pdf] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 4 ABSTRAK.pdf] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf] Text
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 7 BAB 1.pdf] Text
7 BAB 1.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 10 BAB 4.pdf] Text
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8 BAB 2.pdf] Text
8 BAB 2.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of 9 BAB 3.pdf] Text
9 BAB 3.pdf

Download (794kB)
[thumbnail of 11 BAB 5.pdf] Text
11 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[thumbnail of 13 DAFTAR RIOWAYAT HIDUP.pdf] Text
13 DAFTAR RIOWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[thumbnail of 12 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 14 LAMPIRAN.pdf] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan signifikasi pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap kemampuan menulis teks berita pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen sungguhan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan tes. Sampel penelitian merupakan peserta didik kelas VII I sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas VII J sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil dari penelitian, keterampilan menulis teks berita peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran menulis teks berita diperoleh nilai rata-rata pre-test yakni 53 sedangkan nilai rata- rata post- test diperoleh nilai 71. Sedangkan, nilai pre-test yang diperoleh peserta didik di kelas kontrol pada pembelajaran menulis teks berita yakni 53, dan rata- rata nilai post- test yang diperoleh peserta didik yakni 60. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai Sig 0,000 < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran menulis teks berita di kelas eksperimen sebesar 0,4 berkategori sedang. Kemudian Rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran menulis teks berita di kelas kontrol 0,2 berkategori rendah. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Picture and Picture berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis teks berita pada peserta didik kelas VII dalam menulis teks berita di SMP Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:49
Last Modified: 10 Dec 2025 07:49
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2501

Actions (login required)

View Item
View Item