AYUNINGTYAS, AULIA GITA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS TANGGAPAN (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (959kB)
1. COVER.pdf
Download (189kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (352kB)
5.KATA PENGANTAR.pdf
Download (248kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (248kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (329kB)
7. BAB 1.pdf
Download (270kB)
8. BAB 2.pdf
Download (590kB)
9. BAB 3.pdf
Download (849kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11, BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (245kB)
12, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (243kB)
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (203kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
Abstract
Menulis merupakan elemen capaian pembelajaran yang harus dikuasai oleh peserta didik pada setiap fasenya. Namun, masih banyak peserta didik yang belum mampu untuk mengungkapkan gagasan, ide, ataupun pendapatnya ke dalam bentuk tulis sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan ide secara terarah dan memfasilitasi kerja sama aktif, salah satunya adalah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis teks tanggapan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-J sebagai kelas eksperimen dan VII-H sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan tes. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa sebaran data pretest dan posttest peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan berdistribusi normal dan homogen. Uji T pada sebaran data posttest menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (P = 0,005 < 0,05). Rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,57 dengan kategori sedang dan efektivitas cukup, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,35 dengan kategori sedang dan efektivitas kurang. Uji Mann-Whitney menunjukkan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,0001 < 0,05. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan dalam penelitian ini dinyatakan diterima dan terbukti model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks tanggapan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 07:33 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 07:33 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2496 |
