Taufik, Ahmad (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (208kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (367kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (315kB)
4. ABTSRAK.pdf
Download (249kB)
7. BAB 1.pdf
Download (336kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (233kB)
6. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (357kB)
8. BAB 2.pdf
Download (464kB)
9. BAB 3.pdf
Download (676kB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (248kB)
13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (250kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (236kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Salah satu tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik kelas VII, yaitu peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan. Namun dalam praktiknya, peserta didik kelas VII masih banyak yang belum mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Hal ini dapat ditunjukkan oleh adanya masalah dan akar masalah pada proses dan hasil pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan dapat tidaknya model pembelajaran picture and picture meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMPN 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu peserta didik kelas VII E sebanyak 35 orang. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa pada siklus kesatu keterampilan menulis teks deskripsi terdapat 15 orang (42,86%) peserta didik yang telah mencapai nilai KKTP, sedangkan sebanyak 20 orang (57,14%) peserta didik yang belum mencapai nilai KKTP. Pada siklus kedua keterampilan menulis teks deskripsi, seluruh peserta didik (35 orang) telah mencapai nilai KKTP (100%). Berdasarkan Uji Wilcoxon, nilai W hitung (0) < daripada nilai W tabel (157,8) dalam taraf signifikansi 0,01. Hal ini menunjukkan, model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil pembelajaran menulis teks deskripsi pada peserta didik VII E SMPN 5 Tasikmalaya tahun ajaran 20204/20205. Artinya, hipotesis penelitian ini terbukti kebenarannya dan dapat diterima
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 07:16 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 07:16 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2489 |
