PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X MA Terpadu Bojongnangka Tahun Ajaran 2024/2025)

LUTHFIAH, WAFA (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X MA Terpadu Bojongnangka Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 6 DAFTAR ISI.pdf] Text
6 DAFTAR ISI.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 7. BAB 1.pdf] Text
7. BAB 1.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 9. BAB 3.pdf] Text
9. BAB 3.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of 8. BAB 2.pdf] Text
8. BAB 2.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 10. BAB 4.pdf] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. BAB 5.pdf] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 13, RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
13, RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)

Abstract

Menulis teks laporan hasil observasi merupakan capaian pembelajaran Bahasa Indonesia yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas X. Walaupun begitu, kenyataan di sekolah MA Terpadu Bojongnangka, peserta didik kelas X masih belum mampu menulis teks laporan hasil observasi. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Setiap siklus ada 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, analisis, dan refleksi. Dari hasil pengolahan data, diketahui bahwa hasil belajar siklus I dalam menulis teks laporan hasil observasi sebanyak 14 orang (56%) telah mencapai KKTP dan 11 orang (44%) belum mencapai nilai KKTP yang sudah ditentukan yaitu nilai 75. Pada siklus II terjadi peningkatan dalam menulis teks laporan hasil observasi sebanyak 25 orang (100%) telah mencapai nilai KKTP. Hasil uji normalitas membuktikan bahwa siklus II tidak berdistribusi normal. Penulis menghitung uji beda dengan menggunakan uji wilcoxon. Diketahui bahwa W hitung (0) lebih kecil daripada W tabel (76,07) dalam taraf signifikan 0,01 dan W tabel (101,3) dalam taraf signifikan 0,05. Artinya terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X MA Terpadu Bojongnangka Tahun Ajaran 2024/2025. Artinya, hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 10 Dec 2025 04:44
Last Modified: 10 Dec 2025 04:44
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2465

Actions (login required)

View Item
View Item