Mukafi, Muhammad Galby (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN MENYAJIKAN TEKS DESKRIPSI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII MTs Bahrul Ulum Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (183kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (914kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (1MB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (233kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (222kB)
6. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (466kB)
7. BAB 1.pdf
Download (399kB)
8. BAB 2.pdf
Download (653kB)
9. BAB 3.pdf
Download (881kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (240kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (235kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Model pembelajaran yang digunakan perlu mendukung penguasaan keterampilan seperti pada menulis teks deskripsi yang belum efektif. Peserta didik mengalami kesulitan mengekspresikan ide secara kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran NHT terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada kelas VII. Penelitian ini menggunakan model penelitian quasi eksperimen (quasi experimental). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan tes. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon. Penelitian ini melibatkan kelas kontrol dan eksperimen dengan sampel sebanyak 33 siswa dari kelas VII di MTs Bahrul Ulum tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test pada kelas eksperimen adalah 34,03 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 36,61. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, rata-rata nilai post-test pada kelas eksperimen meningkat menjadi 61,64, sementara kelas kontrol hanya mencapai 54,52. Selisih peningkatan antara kedua kelas sebesar 7,12. Hasil perhitungan N-Gain menunjukkan rata-rata peningkatan sebesar 0,40 (kategori sedang) pada kelas eksperimen dan 0,32 (kategori sedang) pada kelas kontrol. Uji Wilcoxon menghasilkan nilai Asymp. Sig. 0,000 (<0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) efektif dalam memengaruhi kemampuan menyajikan teks deskripsi pada peserta didik kelas VII MTs Bahrul Ulum Tasikmalaya. Hipotesis dalam penelitian ini diterima karena terdapat pengaruh signifikan penerapan model NHT terhadap peningkatan kemampuan menyajikan teks deskripsi peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 04:33 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 04:33 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2463 |
