EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN MENYAJIKAN TEKS DESKRIPSI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII MTs Bahrul Ulum Tahun Ajaran 2024/2025)

Mukafi, Muhammad Galby (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN MENYAJIKAN TEKS DESKRIPSI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII MTs Bahrul Ulum Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (914kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
6. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of 7. BAB 1.pdf] Text
7. BAB 1.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of 8. BAB 2.pdf] Text
8. BAB 2.pdf

Download (653kB)
[thumbnail of 9. BAB 3.pdf] Text
9. BAB 3.pdf

Download (881kB)
[thumbnail of 10. BAB 4.pdf] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. BAB 5.pdf] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 13. LAMPIRAN.pdf] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Model pembelajaran yang digunakan perlu mendukung penguasaan keterampilan seperti pada menulis teks deskripsi yang belum efektif. Peserta didik mengalami kesulitan mengekspresikan ide secara kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran NHT terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada kelas VII. Penelitian ini menggunakan model penelitian quasi eksperimen (quasi experimental). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan tes. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon. Penelitian ini melibatkan kelas kontrol dan eksperimen dengan sampel sebanyak 33 siswa dari kelas VII di MTs Bahrul Ulum tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test pada kelas eksperimen adalah 34,03 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 36,61. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, rata-rata nilai post-test pada kelas eksperimen meningkat menjadi 61,64, sementara kelas kontrol hanya mencapai 54,52. Selisih peningkatan antara kedua kelas sebesar 7,12. Hasil perhitungan N-Gain menunjukkan rata-rata peningkatan sebesar 0,40 (kategori sedang) pada kelas eksperimen dan 0,32 (kategori sedang) pada kelas kontrol. Uji Wilcoxon menghasilkan nilai Asymp. Sig. 0,000 (<0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) efektif dalam memengaruhi kemampuan menyajikan teks deskripsi pada peserta didik kelas VII MTs Bahrul Ulum Tasikmalaya. Hipotesis dalam penelitian ini diterima karena terdapat pengaruh signifikan penerapan model NHT terhadap peningkatan kemampuan menyajikan teks deskripsi peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 10 Dec 2025 04:33
Last Modified: 10 Dec 2025 04:33
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2463

Actions (login required)

View Item
View Item