Syafira, Wienda Aulia (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU LEMBAR KERJA ELEKTRONIK (E-LKPD) WIZZER.ME TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen di Kelas XI-IPS SMAN 1 Manonjaya pada Pembelajaran Geografi Materi Keberagaman Budaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.
Cover.pdf
Download (163kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (208kB)
Lembar Pernyataan.pdf
Download (218kB)
Abstrak.pdf
Download (270kB)
Kata Pengantar.pdf
Download (205kB)
Ucapan Terimakasih.pdf
Download (163kB)
Daftar Isi.pdf
Download (256kB)
Daftar Tabel.pdf
Download (168kB)
Daftar Gambar.pdf
Download (132kB)
Daftar Lampiran.pdf
Download (126kB)
BAB 1.pdf
Download (389kB)
BAB 2.pdf
Download (632kB)
BAB 3 .pdf
Download (715kB)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (415kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (218kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (157kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya inovasi teknologi pendidikan yang mengharuskan adanya pembaruan dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu Lembar Kerja Elektronik Peserta Didik (E-LKPD) Wizzer.me merupakan salah satu model dan media pembelajaran yang dapat membantu mempermudah proses pembelajaran peserta didik. Pada penelitian ini, Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) yang digunakaan yaitu melalui Website wizzer.me. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantu media Lembar Kerja Elektronik Peserta Didik (E-LKPD) Wizzer.me terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran geografi materi keragaman budaya Indonesia di kelas XI IPS SMAN 1 Manonjaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Post Control Group Desaign. Sampel penelitiannya yaitu kelas XI IPS 4 dan kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Manonjaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa pretest dan posttest dengan soal pilihan ganda sebanyak 35 butir. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji paired sampel t-test. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media Lembar Kerja Elektronik Peserta Didik (E-LKPD) Wizzer.me dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantu lembar kerja peserta didik konvensional. Hal itu dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata hasil posttest pada kelas eksperimen sebesar 83, dan kelas kontrol sebesar 77. Pada uji paired sampel t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Maka menunjukan Ho ditolak Ha diterima artinya terdapat pengaruh dari model Problem Based Learning (PBL) berbantu media Lembar Kerja Elektronik Peserta Didik (E-LKPD) Wizzer.me terhadap hasil belajar kognitif peserta didik.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), E-LKPD Wizzer.me, Hasil Belajar Kognitif.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 04:36 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 04:36 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2462 |
