AMRULLOH, MOHAMMAD HANIF (2024) TRANSLANGUAGING PRACTICES IN AN INDONESIAN EFL CLASSROOM: A CASE OF ENGLISH TEACHER. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (137kB)
2 APPROVAL SHEET.pdf
Download (291kB)
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (148kB)
4 MOTTO.pdf
Download (121kB)
5 ABSTRAK.pdf
Download (236kB)
6 ABSTRACT.pdf
Download (122kB)
7 PREFACE.pdf
Download (122kB)
8 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (187kB)
9 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (127kB)
10 LIST OF TABLES.pdf
Download (147kB)
11 LIST OF FIGURE.pdf
Download (140kB)
12 LIST OF ENCLOSURES.pdf
Download (203kB)
13 CHAPTER 1.pdf
Download (142kB)
14 CHAPTER 2.pdf
Download (234kB)
15 CHAPTER 3.pdf
Download (297kB)
16 CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (620kB)
17 CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (125kB)
18 REFERENCES.pdf
Download (213kB)
19 ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
20 BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (132kB)
Abstract
Penggunaan beberapa bahasa dalam kelas EFL memberikan banyak manfaat,
seperti membantu mengatasi permasalahan kendala bahasa dalam menyampaikan
materi pembelajaran serta proses komunikasi di kelas dengan siswa. Salah satu
praktiknya adalah dengan menggunakan Translanguaging. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk menyelidiki jenis, fungsi, dan konteks praktik translanguaging
yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di kelas EFL. Partisipan terdiri dari
seorang guru bahasa Inggris di salah satu sekolah menengah atas islam di
Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Data dikumpulkan melalui observasi dan
wawancara, lalu dianalisis secara tematik menggunakan teori Braun & Clark
(2006). Hasilnya menunjukkan beberapa jenis translanguaging seperti Intra
sentential Switching, Inter-sentential Switching, Tag Switching, dan Language
Translation ditemukan dalam setiap konteks aktivitas pembelajaran dengan fungsi
pedagogis yang memudahkan siswa memahami informasi, instruksi, serta materi
yang disampaikan oleh guru selama proses pembelajaran serta berperan dalam
memperlancar komunikasi antara guru dan siswa di dalam kelas, sehingga
membantu pencapaian tujuan pembelajaran. Selain itu, ditemukan pula dampak
positif dari penggunaan strategi translanguaging oleh guru, yang diidentifikasi
melalui jenis, fungsi, dan konteks penggunaannya, yaitu: translanguaging sebagai
strategi untuk mendisiplinkan kelas, menciptakan suasana pembelajaran yang
efektif, serta memberikan umpan balik dan motivasi kepada siswa.
Kata Kunci: Praktik Translanguaging, Jenis, Fungsi dan Konteks Translanguaging,
Praktik Translanguaging dalam kelas EFL, Dampak Strategi Penggunaan
Translanguaging
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 03:04 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 03:04 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/246 |
