TRANSLANGUAGING PRACTICES IN AN INDONESIAN EFL CLASSROOM: A CASE OF ENGLISH TEACHER

AMRULLOH, MOHAMMAD HANIF (2024) TRANSLANGUAGING PRACTICES IN AN INDONESIAN EFL CLASSROOM: A CASE OF ENGLISH TEACHER. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 2 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2 APPROVAL SHEET.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 4 MOTTO.pdf] Text
4 MOTTO.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 5 ABSTRAK.pdf] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 6 ABSTRACT.pdf] Text
6 ABSTRACT.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 7 PREFACE.pdf] Text
7 PREFACE.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 8 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf] Text
8 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 9 TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
9 TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 10 LIST OF TABLES.pdf] Text
10 LIST OF TABLES.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 11 LIST OF FIGURE.pdf] Text
11 LIST OF FIGURE.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 12 LIST OF ENCLOSURES.pdf] Text
12 LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 13 CHAPTER 1.pdf] Text
13 CHAPTER 1.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 14 CHAPTER 2.pdf] Text
14 CHAPTER 2.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 15 CHAPTER 3.pdf] Text
15 CHAPTER 3.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 16 CHAPTER 4.pdf] Text
16 CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[thumbnail of 17 CHAPTER 5.pdf] Text
17 CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[thumbnail of 18 REFERENCES.pdf] Text
18 REFERENCES.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 19 ENCLOSURES.pdf] Text
19 ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 20 BIOGRAPHY.pdf] Text
20 BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)

Abstract

Penggunaan beberapa bahasa dalam kelas EFL memberikan banyak manfaat,
seperti membantu mengatasi permasalahan kendala bahasa dalam menyampaikan
materi pembelajaran serta proses komunikasi di kelas dengan siswa. Salah satu
praktiknya adalah dengan menggunakan Translanguaging. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk menyelidiki jenis, fungsi, dan konteks praktik translanguaging
yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di kelas EFL. Partisipan terdiri dari
seorang guru bahasa Inggris di salah satu sekolah menengah atas islam di
Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Data dikumpulkan melalui observasi dan
wawancara, lalu dianalisis secara tematik menggunakan teori Braun & Clark
(2006). Hasilnya menunjukkan beberapa jenis translanguaging seperti Intra
sentential Switching, Inter-sentential Switching, Tag Switching, dan Language
Translation ditemukan dalam setiap konteks aktivitas pembelajaran dengan fungsi
pedagogis yang memudahkan siswa memahami informasi, instruksi, serta materi
yang disampaikan oleh guru selama proses pembelajaran serta berperan dalam
memperlancar komunikasi antara guru dan siswa di dalam kelas, sehingga
membantu pencapaian tujuan pembelajaran. Selain itu, ditemukan pula dampak
positif dari penggunaan strategi translanguaging oleh guru, yang diidentifikasi
melalui jenis, fungsi, dan konteks penggunaannya, yaitu: translanguaging sebagai
strategi untuk mendisiplinkan kelas, menciptakan suasana pembelajaran yang
efektif, serta memberikan umpan balik dan motivasi kepada siswa.
Kata Kunci: Praktik Translanguaging, Jenis, Fungsi dan Konteks Translanguaging,
Praktik Translanguaging dalam kelas EFL, Dampak Strategi Penggunaan
Translanguaging

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:04
Last Modified: 28 Oct 2025 03:04
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item
View Item