Magvira, Syahla Aprilia (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI ALUR TEKS FANTASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII MTs Al-Huda Sadananya Kab. Ciamis Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. CVER.pdf
Download (204kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (433kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (368kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (177kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (209kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (264kB)
7. BAB I.pdf
Download (310kB)
8. BAB II.pdf
Download (408kB)
9. BAB III.pdf
Download (434kB)
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (691kB)
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (204kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (268kB)
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (163kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi alur teks fantasi, yang disebabkan oleh kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan guru. Oleh karena itu, dengan menawarkan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap kemampuan mengidentifikasi alur teks fantasi diyakini dapat menjadi solusi agar peserta didik berperan aktif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap kemampuan mengidentifikasi alur teks fantasi dalam pembelajaran mengidentifikasi alur teks fantasi pada peserta didik kelas VII MTs Al-Huda Sadananya Kab. Ciamis tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pretest posttest control group design. Sampel terdiri dari kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 25.0 for window. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, terdapat perbedaan hasil rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran mengidentifikasi alur teks fantasi yakni 48,7 (pretest) dan 84,7 (posttest), dengan selisih peningkatannya sebesar 35,9. Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran mengidentifikasi alur teks fantasi yakni 48,3 (pretest) dan 74,8 (posttest) dengan selisih peningkatannya sebesar 26,5. Rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran mengidentifikasi alur teks fantasi di kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0.714 dan 0.512. Berdasarkan pemerolehan nilai Mann Whitney U (uji beda) pada nilai N-Gain pembelajaran mengidentifikasi alur teks fantasi mencapai taraf signifikansi 0.00. Artinya, model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks fantasi pada peserta didik kelas VII MTs Al-Huda Sadananya Kab. Ciamis Tahun Ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 04:14 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 04:14 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2454 |
