PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Fase E SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

MUNIRA, RD SYANIA DWI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Fase E SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (661kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik Fase E SMA Negeri 5 Tasikmalaya yang rendah dibuktikan dengan hasil Sumatif Tengah Semester (STS) yang belum memenuhi harapan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditentukan dan penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MURDER terhadap Hasil Belajar Peserta Didik berbantuan Mind Mapping pada materi Pemanasan Global. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Kuasi Eksperimen menggunakan Posttest-Only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Fase E di SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 12 kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada tahap signifikasi (0,05) menunjukkan bahwa setelah penggunaan model pembelajaran MURDER diperoleh nilai �ℎ����� > ������ (5,51 > 1,67) sehingga �� diterima maka pada taraf kepercayaan 95% didapatkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pada model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pemanasan global di Fase E SMA 5 Negeri Tasikmalaya Tahun ajaran 2023/2024. Nilai hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran MURDER lebih unggul dibandingkan dengan nilai hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran MURDER. Hal tersebut terjadi karena penggunaan model pembelajaran MURDER mampu meningkatkan suasana hati peserta didik, meningkatkan keaktifan, meningkatkan rasa tanggung jawab, meningkatkan kreativitas serta mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menerima materi.

Kata kunci: Hasil belajar, Mind Mapping, Model MURDER, Pemanasan Global

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 10 Dec 2025 03:57
Last Modified: 10 Dec 2025 03:57
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2450

Actions (login required)

View Item
View Item