MUNIRA, RD SYANIA DWI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Fase E SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (15kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (163kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (196kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (74kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (147kB)
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (87kB)
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (167kB)
8. BAB 1.pdf
Download (91kB)
9. BAB 2.pdf
Download (1MB)
10. BAB 3.pdf
Download (661kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (713kB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (81kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (88kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik Fase E SMA Negeri 5 Tasikmalaya yang rendah dibuktikan dengan hasil Sumatif Tengah Semester (STS) yang belum memenuhi harapan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditentukan dan penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MURDER terhadap Hasil Belajar Peserta Didik berbantuan Mind Mapping pada materi Pemanasan Global. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Kuasi Eksperimen menggunakan Posttest-Only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Fase E di SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 12 kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada tahap signifikasi (0,05) menunjukkan bahwa setelah penggunaan model pembelajaran MURDER diperoleh nilai �ℎ����� > ������ (5,51 > 1,67) sehingga �� diterima maka pada taraf kepercayaan 95% didapatkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pada model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pemanasan global di Fase E SMA 5 Negeri Tasikmalaya Tahun ajaran 2023/2024. Nilai hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran MURDER lebih unggul dibandingkan dengan nilai hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran MURDER. Hal tersebut terjadi karena penggunaan model pembelajaran MURDER mampu meningkatkan suasana hati peserta didik, meningkatkan keaktifan, meningkatkan rasa tanggung jawab, meningkatkan kreativitas serta mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menerima materi.
Kata kunci: Hasil belajar, Mind Mapping, Model MURDER, Pemanasan Global
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 03:57 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 03:57 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2450 |
