Sudirman, Indriyani (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS ULASAN CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025 ). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (219kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (318kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (342kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (265kB)
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf
Download (252kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (231kB)
7. BAB I.pdf
Download (294kB)
8. BAB II.pdf
Download (322kB)
9. BAB III.pdf
Download (301kB)
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (352kB)
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (228kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (234kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penulis melaksanakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui Dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered Head Together Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks ulasan cerpen yang dibaca pada peserta didik kelas VIII MTs Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara. Kriteria ketuntasan minimal (KKM). Mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditetapkan di MTs Negeri 10 Tasikmalaya untuk kelas VIII yaitu 74. Berdasarkan hasil pengolahan data, pada siklus I pertemuan pertama KD 3.11, 7 orang peserta didik (26%) belum mencapai KKM dan 20 orang peserta didik (74%) telah mencapai KKM. Pertemuan kedua KD 4.11, 14 orang peserta didik (52%) belum mencapai KKM dan 13 orang peserta didik (48%) telah mencapai KKM. Siklus II pertemuan pertama, KD 3.11, seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM, dan pertemuan kedua KD 4.11 seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini diterima. Artinya model pembelajaran NHT dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks ulasan cerpen pada peserta didik kelas VIII A MTs Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 03:31 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 03:31 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2441 |
