Agustini, Reni Sri (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MEMPERHATIKAN ISI DAN ASPEK KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP IT Ibadurrohman Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2021/2022). Other thesis, Universitas siliwangi.
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (279kB)
1. COVER.pdf
Download (146kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (129kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (344kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (157kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (157kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (159kB)
7. BAB 1.pdf
Download (196kB)
8. BAB 2.pdf
Download (397kB)
9. BAB 3.pdf
Download (292kB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (155kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
14. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (116kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (142kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Mengacu pada silabus Bahasa Indonesia tahun 2016, terdapat satu pasang Kompetensi Dasar (KD) yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII SMP/MTs, yaitu menganalisis isi dan mengonstruksi aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi. Akan tetapi dalam kenyataannya di kelas VII SMP IT Ibadurrohman belum semua peserta didik mencapai dan melampaui nilai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB). Dalam mengatasi permasalahan tersebut, penulis melaksanakan penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan kemampuan manganalisis isis dan mengonstruksi aspek kebahasaan pada peserta didik kelas VII SMP IT Ibadurrohman tahun ajaran 2021/2022. Agar mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara serta tes. Penelitian yang penulis lakukan menggunakan dua siklus dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan tindakan, mengobservasi dan mengevaluasi (proses dan hasil tindakan), merefleksi serta seterusnya hingga mencapai kualitas nilai peserta didik yang diharapkan. Berdasarkan pengolahan nilai siklus kesatu aspek pengetahuan sebanyak 12 orang (75%) berhasil mencapai KKB dan sebanyak 4 orang (25%) belum mencapai KKB. Kemudian pada aspek keterampilan siklus kesatu sebanyak 4 orang (25%) belum berhasil mencapai KKB dan sebanyak 12 orang (75 %) berhasil mencapai KKB. Pada siklus kedua terjadi peningkatan pada aspek pengetahuan dan keterampilan yaitu sebanyak 16 orang (100%) peserta didik mencapai nilai KKB 76 yang telah ditentukan sekolah. Sesuai dengan data yang telah diperoleh bisa disimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan kemampuan manganalisis isis dan mengonstruksi aspek kebahasaan pada peserta didik kelas VII SMP IT Ibadurrohman tahun ajaran 2021/2022.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 03:15 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 03:15 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2431 |
