PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MEMPERHATIKAN ISI DAN ASPEK KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP IT Ibadurrohman Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2021/2022)

Agustini, Reni Sri (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MEMPERHATIKAN ISI DAN ASPEK KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP IT Ibadurrohman Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2021/2022). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 7. BAB 1.pdf] Text
7. BAB 1.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 8. BAB 2.pdf] Text
8. BAB 2.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of 9. BAB 3.pdf] Text
9. BAB 3.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 11. BAB 5.pdf] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[thumbnail of 10. BAB 4.pdf] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 14. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
14. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 13. LAMPIRAN.pdf] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mengacu pada silabus Bahasa Indonesia tahun 2016, terdapat satu pasang Kompetensi Dasar (KD) yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII SMP/MTs, yaitu menganalisis isi dan mengonstruksi aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi. Akan tetapi dalam kenyataannya di kelas VII SMP IT Ibadurrohman belum semua peserta didik mencapai dan melampaui nilai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB). Dalam mengatasi permasalahan tersebut, penulis melaksanakan penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan kemampuan manganalisis isis dan mengonstruksi aspek kebahasaan pada peserta didik kelas VII SMP IT Ibadurrohman tahun ajaran 2021/2022. Agar mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara serta tes. Penelitian yang penulis lakukan menggunakan dua siklus dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan tindakan, mengobservasi dan mengevaluasi (proses dan hasil tindakan), merefleksi serta seterusnya hingga mencapai kualitas nilai peserta didik yang diharapkan. Berdasarkan pengolahan nilai siklus kesatu aspek pengetahuan sebanyak 12 orang (75%) berhasil mencapai KKB dan sebanyak 4 orang (25%) belum mencapai KKB. Kemudian pada aspek keterampilan siklus kesatu sebanyak 4 orang (25%) belum berhasil mencapai KKB dan sebanyak 12 orang (75 %) berhasil mencapai KKB. Pada siklus kedua terjadi peningkatan pada aspek pengetahuan dan keterampilan yaitu sebanyak 16 orang (100%) peserta didik mencapai nilai KKB 76 yang telah ditentukan sekolah. Sesuai dengan data yang telah diperoleh bisa disimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan kemampuan manganalisis isis dan mengonstruksi aspek kebahasaan pada peserta didik kelas VII SMP IT Ibadurrohman tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 10 Dec 2025 03:15
Last Modified: 10 Dec 2025 03:15
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2431

Actions (login required)

View Item
View Item