PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACCUMULATION, DEMONSTRATION, EXERCISE, REFLECTION, CREATION (ADERIC) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

HERDIANSYAH, HERU (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACCUMULATION, DEMONSTRATION, EXERCISE, REFLECTION, CREATION (ADERIC) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf] Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (545kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi energi terbarukan, berdasarkan hasil studi awal di MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya serta terbatasnya inovasi penggunaan model pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran ADERiC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ADERiC terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi energi terbarukan. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain post-test only control group. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas X MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya sebanyak 13 kelas dengan jumlah 464 peserta didik. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X-13 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian (posttest) yang terdiri dari 10 butir soal mencakup 4 indikator keterampilan berpikir kreatif. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil uji prasyarat, diperoleh data berdistribusi normal dan homogen, sehingga pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ������� = 7,71 > ������ = 1,67, sehingga �� diterima. Artinya, terdapat pengaruh model pembelajaran ADERiC terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi energi terbarukan di kelas X MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.

Kata kunci: energi terbarukan, keterampilan berpikir kreatif, model pembelajaran ADERiC.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 10 Dec 2025 01:27
Last Modified: 10 Dec 2025 01:27
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2385

Actions (login required)

View Item
View Item