SETIAWATI, ALFIAH (2025) PENGARUH MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) BERBANTUAN WIZER.ME TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik kelas X SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (178kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (189kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (194kB)
4. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (182kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (309kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (218kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (236kB)
8. BAB 1.pdf
Download (304kB)
9. BAB 2.pdf
Download (842kB)
10. BAB 3.pdf
Download (558kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (927kB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (223kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (195kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (150kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik dalam pembelajaran Fisika di SMA Negeri 5 Tasikmalaya. Keterampilan argumentasi ilmiah penting untuk membangun pemahaman konsep berdasarkan bukti dan alasan yang logis. Untuk mengatasi hal ini, diterapkan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantuan Wizer.me yang fokus pada pengembangan argumentasi ilmiah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model ADI berbantuan Wizer.me terhadap keterampilan argumentasi ilmiah pada materi energi alternatif. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain matching only posttest only control group design. Sampel dipilih secara purposive sampling, yaitu kelas X-8 sebagai kelas kontrol (36 peserta didik) dan kelas X-11 sebagai kelas eksperimen (36 peserta didik). Pengukuran keterampilan argumentasi ilmiah dilakukan melalui posttest berbentuk uraian yang mencakup 5 soal berdasarkan lima indikator argumentasi ilmiah. Analisis data meliputi validasi ahli, uji coba instrumen, analisis keterlaksanaan model, uji prasyarat, dan uji hipotesis menggunakan uji t (α=0,05). Hasilnya menunjukkan �ℎ����� > ������ yaitu 4,7 > 1,67 sehingga �0 ditolak dan � �� diterima. Dengan demikian, penerapan model ADI berbantuan Wizer.me berpengaruh signifikan terhadap keterampilan argumentasi ilmiah.
Kata kunci: Model Pembelajaran ADI, Wizer.me, Keterampilan argumentasi, Energi alternatif.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 08:21 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 08:21 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2369 |
