PENGARUH MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) BERBANTUAN WIZER.ME TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik kelas X SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

SETIAWATI, ALFIAH (2025) PENGARUH MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) BERBANTUAN WIZER.ME TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik kelas X SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (842kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (558kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik dalam pembelajaran Fisika di SMA Negeri 5 Tasikmalaya. Keterampilan argumentasi ilmiah penting untuk membangun pemahaman konsep berdasarkan bukti dan alasan yang logis. Untuk mengatasi hal ini, diterapkan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantuan Wizer.me yang fokus pada pengembangan argumentasi ilmiah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model ADI berbantuan Wizer.me terhadap keterampilan argumentasi ilmiah pada materi energi alternatif. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain matching only posttest only control group design. Sampel dipilih secara purposive sampling, yaitu kelas X-8 sebagai kelas kontrol (36 peserta didik) dan kelas X-11 sebagai kelas eksperimen (36 peserta didik). Pengukuran keterampilan argumentasi ilmiah dilakukan melalui posttest berbentuk uraian yang mencakup 5 soal berdasarkan lima indikator argumentasi ilmiah. Analisis data meliputi validasi ahli, uji coba instrumen, analisis keterlaksanaan model, uji prasyarat, dan uji hipotesis menggunakan uji t (α=0,05). Hasilnya menunjukkan �ℎ����� > ������ yaitu 4,7 > 1,67 sehingga �0 ditolak dan � �� diterima. Dengan demikian, penerapan model ADI berbantuan Wizer.me berpengaruh signifikan terhadap keterampilan argumentasi ilmiah.

Kata kunci: Model Pembelajaran ADI, Wizer.me, Keterampilan argumentasi, Energi alternatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 09 Dec 2025 08:21
Last Modified: 09 Dec 2025 08:21
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2369

Actions (login required)

View Item
View Item