EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E MODUL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PLANT AWARENESS DAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen di Kelas X SMAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

SAKINAH, WINA (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E MODUL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PLANT AWARENESS DAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen di Kelas X SMAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNAYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNAYATAAN.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 5. ABSTRACT.pdf] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR TABEL.pdf] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 12. BAB 1.pdf] Text
12. BAB 1.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 13. BAB II.pdf] Text
13. BAB II.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of 14. BAB III.pdf] Text
14. BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 15. BAB IV.pdf] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)
[thumbnail of 16. BAB V.pdf] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[thumbnail of 17. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 18. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
18. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 19. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
19. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meninjau efektivitas penggunaan media pembelajaran e-modul interaktif sundanese edible plants untuk meningkatkan plant awareness dan literasi digital peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental design dengan bentuk non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN
2 Kota Tasikmalaya sebanyak 12 kelas dengan jumlah 370 orang peserta didik. Penentuan sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh dua sampel penelitian yaitu kelas X-5 sebanyak 31 orang peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas X-4 sebanyak 31 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen. Model pembelajaran yang digunakan yaitu menggunakan problem based learning. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data plant awareness dan literasi digital peserta didik berupa pilihan ganda dengan
melaksanakan pretest dan posttest. Uji hipotesis menggunakan uji non-parametrik quade’s rank test karena terdapat data yang tidak berdistribusi normal. Hasil uji
hipotesis menunjukan perbedaan yang signifikan dengan nilai signifikansi plant awareness 0,000 dan literasi digital 0,026. Berdasarkan hasil uji efektivitas dilihat dari nilai partial eta squared (η2) untuk plant awareness mencapai nilai 0,224 dengan kategori efek “besar” dan nilai 0,064 untuk literasi digital dengan kategori efek “sedang”. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat efektivitas pada penggunaan e-modul interaktif terhadap plant awareness dan literasi digital peserta didik SMAN 2 Kota Tasikmalaya.

Kata Kunci: E-Modul Interaktif, Sundanese Edible Plants, Plant Awareness, Literasi Digital.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: dewi dewi dewi
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:21
Last Modified: 28 Oct 2025 02:21
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item
View Item