DEWI, ADILLA OCTAVIANY (2025) PENGARUH MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBANTUAN VASCAK PHYSICS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMODINAMIKA (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (170kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (210kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (323kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (315kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (198kB)
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf
Download (260kB)
7. BAB 1.pdf
Download (314kB)
8. BAB 2.pdf
Download (1MB)
9. BAB 3.pdf
Download (580kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (303kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (215kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan di SMAN 1 Cihaurbeuti, diketahui hasil belajar kognitif peserta didik masih rendah, karena tidak adanya motivasi belajar, serta pembelajaran yang kurang interaktif. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya dengan menerapkan model Children Learning In Science (CLIS). Praktikum dapat dilakukan melalui laboratorium virtual Vascak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Children Learning In Science (CLIS) berbantuan Vascak Physics terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi termodinamika di kelas XI MIPA SMAN 1 Cihaurbeuti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan desain penelitian the matching only posttest control group design. Populasi penelitian ini melibatkan semua kelas XI MIPA SMAN 1 Cihaurbeuti, terdiri dari 7 kelas dengan jumlah peserta didik 250 orang. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 7 sebagai kelas kontrol, dengan masing-masing kelas sebanyak 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif berupa soal uraian sebanyak 5 soal, setiap soal mengukur level kognitif C1-C4. Pengujian hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (� = 0,05) menunjukan bahwa �ℎ����� = 16,61 > ������ = 1,99 berarti �� diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model CLIS berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi termodinamika.
Kata kunci: hasil belajar kognitif, model Children Learning In Science (CLIS), termodinamika
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 06:31 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 06:31 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2336 |
