TIAS, MUHAMAD AKSEN (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS ISLAM MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT PADA KONVEKSI PAKAIAN OLAHRAGA KAZOR SPORT DI KOTA TASIKMALAYA. Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (171kB)
2. PENGEAHAN.pdf
Download (75kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (55kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (226kB)
5. PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf
Download (252kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (199kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (229kB)
8. BAB I.pdf
Download (330kB)
9. BAB II.pdf
Download (357kB)
10. BAB III.pdf
Download (308kB)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (407kB)
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (218kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (186kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (918kB)
Abstract
Kazor Sport merupakan usaha konveksi yang bergerak dalam produksi pakaian olahraga. Dalam pengembangan usahanya, Kazor Sport menghadapi beberapa kendala, khususnya dalam bidang pemasaran akibat keterbatasan pemahaman pemilik dan belum adanya divisi khusus pemasaran. Selain itu, aspek laporan keuangan belum terstuktur. Dari sisi eksternal, usaha ini dihadapkan pada keterbatasan bahan baku lokal serta penggunaan teknologi DTG (Direct to Garment) yang belum optimal. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan bisnis Islami dengan pendekatan analisis SWOT pada konveksi pakaian olahraga Kazor Sport di Kota Tasikmalaya. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan kesimpulan dengan tahapan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian, total skor Matriks IFAS sebesar 3,51 dan EFAS sebesar 3,54 menempatkan Kazor Sport pada Kuadran I dengan koordinat X = 0,92 dan Y = 0,84. Posisi ini menunjukkan kekuatan dan peluang yang besar sehingga tepat menerapkan strategi agresif. Strategi SO yang sesuai yaitu memanfaatkan logo, label kemasan, dan relasi atlet untuk memperluas pemasaran melalui marketplace, serta meningkatkan kemampuan digital marketing, menerapkan etika pemasaran, dan harga kompetitif guna memperkuat citra merek dan memperluas pasar.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan Bisnis Islam, Analisis SWOT, Konveksi Pakaian Olahraga Kazor Sport
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Pascasarjana > Ekonomi Syariah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Fakultas Ekonomi > Ekonomi Syariah |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 08:46 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 08:46 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2130 |
