ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MUSLIM DALAM MEMILIH JASA PERBANKAN DI BANK KONVENSIONAL (Studi Kasus Di Kelurahan Tuguraja Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya)

Nuraini, Silva (2025) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MUSLIM DALAM MEMILIH JASA PERBANKAN DI BANK KONVENSIONAL (Studi Kasus Di Kelurahan Tuguraja Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 5. ABSTRACT.pdf] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 6. PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB LATIN.pdf] Text
6. PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB LATIN.pdf

Download (537kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR TABEL.pdf] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 12. BAB I.pdf] Text
12. BAB I.pdf

Download (651kB)
[thumbnail of 13. BAB II.pdf] Text
13. BAB II.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of 14. BAB III.pdf] Text
14. BAB III.pdf

Download (739kB)
[thumbnail of 15. BAB IV.pdf] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)
[thumbnail of 16. BAB V.pdf] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[thumbnail of 17. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (562kB)
[thumbnail of 18. LAMPIRAN.pdf] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat Muslim di Kelurahan Tuguraja dalam memilih jasa perbankan di bank konvensional. Dalam konteks dualisme sistem perbankan di Indonesia, yakni bank konvensional dan bank syariah, ditemukan bahwa masyarakat di wilayah Kelurahan Tuguraja cenderung lebih memilih bank konvensional meskipun lingkungan sekitarnya mendukung perkembangan perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Tuguraja sebanyak 192 responden. Analisis data dan uji hipotesis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, outer model dan inner model. Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji R-Square menunjukkan Analisis dilakukan berdasarkan variabel produk, promosi, proses, dan lokasi memprediksi 84,4% terhadap Minat masyarakat. Hasil penelitian diperoleh variabel lokasi dan proses tidak berpengaruh signifikan terhadap minat. Sedangkan variabel produk dan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat. Masyarakat penting untuk mempertimbangkan tidak hanya kemudahan akses dan pelayanan cepat dari bank konvensional, tetapi juga aspek kepatuhan terhadap prinsip-prinsip syariah dalam kegiatan ekonomi dan keuangan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengembangan strategi pemasaran bank syariah agar lebih kompetitif dan adaptif terhadap kebutuhan masyarakat lokal.

Kata Kunci: Perbankan Konvensional, Perbankan Syariah, Minat, dan Marketing Mix

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Fakultas Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 05 Dec 2025 08:13
Last Modified: 05 Dec 2025 08:13
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2120

Actions (login required)

View Item
View Item