PENGARUH LITERASI HALAL, KOREAN WAVE, DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN KOREA HALAL PADA KONSUMEN MUSLIM KOTA TASIKMALAYA DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Fahrani, Irni (2025) PENGARUH LITERASI HALAL, KOREAN WAVE, DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN KOREA HALAL PADA KONSUMEN MUSLIM KOTA TASIKMALAYA DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of 5. ABSTRACT.pdf] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of 6. PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf] Text
6. PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf

Download (513kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR TABEL.pdf] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 11. BAB I.pdf] Text
11. BAB I.pdf

Download (622kB)
[thumbnail of 12. BAB II.pdf] Text
12. BAB II.pdf

Download (705kB)
[thumbnail of 13. BAB III.pdf] Text
13. BAB III.pdf

Download (619kB)
[thumbnail of 14. BAB IV.pdf] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)
[thumbnail of 15. BAB V.pdf] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[thumbnail of 16. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 17. LAMPIRAN.pdf] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fenomena Korean Wave telah mempengaruhi berbagai aspek gaya hidup masyarakat Indonesia, termasuk pola konsumsi makanan. Seiring meningkatnya minat masyarakat terhadap produk Korea, penting bagi konsumen muslim untuk memperhatikan aspek kehalalan produk yang dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Literasi Halal, Korean Wave, dan Word of Mouth (WOM) terhadap keputusan pembelian makanan Korea halal dengan minat beli sebagai variabel intervening pada konsumen Muslim di Kota Tasikmalaya. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan tools Smart PLS 3,0. Populasi adalah masyarakat muslim di Kota Tasikmalaya yang pernah membeli produk makanan korea halal, dan teknik pengambilan sampel adalah teknik non probabilty sampling. Teknik analisis data dimulai dari analisis SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square), pengukuran outer model, pengukuran inner model, dan uji hipotesis Hasil penelitian menunjukkan bahwa Literasi Halal berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Sebaliknya, Korean Wave dan Word of Mouth berpengaruh signifikan baik terhadap Minat Beli maupun Keputusan Pembelian. Temuan ini menunjukkan bahwa faktor budaya populer dan rekomendasi sosial memiliki peran dominan dalam mempengaruhi perilaku konsumsi masyarakat Muslim modern dibandingkan faktor keagamaan semata. Simpulan dari penelitian ini Literasi Halal, Korean Wave, dan Word of Mouth secara langsung berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli makanan Korea halal. Selain itu hasil Path Coefficient dari tujuh hipotesis yang diuji, enam diterima dan satu ditolak. Adapun hasil Specific Indirect Effect (tidak langsung) menunjukkan bahwa Minat Beli berperan sebagai variabel mediasi yang mampu memperkuat pengaruh Literasi Halal, Korean Wave, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian makanan Korea halal. Implikasi dari penelitian ini yaitu perlunya sinergi antara edukasi halal, promosi berbasis budaya, dan strategi komunikasi digital untuk memperkuat pasar makanan Korea halal di Indonesia. Kata

Kunci: Literasi Halal; Korean Wave; Word of Mouth; Keputusan Pembelian Makanan Korea Halal; Minat Beli.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Fakultas Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 05 Dec 2025 07:49
Last Modified: 05 Dec 2025 07:49
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2116

Actions (login required)

View Item
View Item