ANUGRAHINI, KAMELIA (2024) KORELASI KESIAPAN BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (46kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (149kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (151kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (54kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (297kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (72kB)
7. BAB 1.pdf
Download (62kB)
8. BAB 2.pdf
Download (476kB)
9. BAB 3.pdf
Download (800kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (547kB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (33kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (173kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (37kB)
Abstract
Kesiapan belajar yang baik dan manajemen waktu penting dimiliki oleh
peserta didik dalam proses pembelajaran untuk mencapai hasil belajar biologi
secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kesiapan
belajar dan manajemen waktu dengan hasil belajar biologi peserta didik di kelas X
SMAN 4 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
pendekatan korelasional. Populasi seluruh kelas X SMAN 4 Tasikmalaya. Sampel
yang dipilih menggunakan teknik puposive sampling yang terdiri dari kelas X-1, X
2, X-3, X-4 dan X-5 dengan total 154 peserta didik. Instrumen yang digunakan
adalah angket untuk kesiapan belajar dengan 24 butir pernyataan dan angket
manajemen waktu dengan 28 butir pernyataan. Sedangkan untuk data hasil belajar
diperoleh dari skor hasil tes pada ujian akhir semester mata pelajaran biologi materi
ekosistem. Teknik analisis yang digunakan adalah uji korelasi berganda.
Berdasarkan hasil penelitian, korelasi kesiapan belajar dengan hasil belajar
memiliki koefisien korelasi sebesar 0,800 termasuk pada kategori sangat kuat.
Korelasi manajemen waktu dengan hasil belajar memiliki koefisien korelasi sebesar
0,909 termasuk pada kategori sangat kuat. Hasil penelitian korelasi kesiapan belajar
dan manajemen waktu dengan hasil belajar memiliki koefisien korelasi sebesar
0,936 termasuk pada kategori sangat kuat. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa
ada korelasi sangat kuat antara kesiapan belajar dan manajemen waktu dengan hasil
belajar biologi. Guru dan pendidik perlu fokus juga pada peningkatan kesiapan
belajar dan manajemen waktu peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar
biologi.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kesiapan Belajar, Manajemen Waktu
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 06:23 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 06:23 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/187 |
