KINERJA BIROKRASI PEMERINTAH DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK PASCA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Desa Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran)

Oktapiani, Ai Khoerunnisa (2025) KINERJA BIROKRASI PEMERINTAH DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK PASCA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Desa Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01 Cover Ai.pdf] Text
01 Cover Ai.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 02 Lembar Pengesahan.pdf] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 03 Lembar Pernyataan.pdf] Text
03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 04 Abstrak.pdf] Text
04 Abstrak.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 05 Abstract.pdf] Text
05 Abstract.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 06 Kata Pengantar.pdf] Text
06 Kata Pengantar.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of 07 Daftar Isi.pdf] Text
07 Daftar Isi.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of 08 Daftar Tabel.pdf] Text
08 Daftar Tabel.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 09 Daftar Gambar.pdf] Text
09 Daftar Gambar.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 10 BAB 1.pdf] Text
10 BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 11 BAB 2.pdf] Text
11 BAB 2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 12 BAB 3.pdf] Text
12 BAB 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 13 BAB 4.pdf] Text
13 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[thumbnail of 14 BAB 5.pdf] Text
14 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[thumbnail of 15 Daftar Pustaka.pdf] Text
15 Daftar Pustaka.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 16 Lampiran.pdf] Text
16 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja birokrasi dalam pelayanan publik yang telah diberikan oleh perangkat Desa Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran pasca pandemi Covid-19 terhadap masyarakatnya. Selama ini birokrasi telah dipandang negatif oleh sebagian besar masyarakat, apalagi setelah pandemi Covid-19 melanda, kinerja birokrasi di tingkat pemerintahan desa semakin menjadi perhatian publik. Usai melewati kendala pada masa pandemi pemerintah desa mengembangkan atau memperbaiki kualitas kinerja pelayanan pada pasca pandemi Covid-19. Dengan diberlakukannya layanan digital akan mempermudah dan mempercepat proses pelayanan, termasuk Desa Sindangjaya berinovasi dan beradaptasi dengan teknologi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian menggunakan teori kinerja Agus Dwiyanto yang terdiri dari lima indikator yaitu Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Responsibilitas, dan Akuntabilitas. Hasil dari penelitian ini adalah Pemerintah Desa Sindangjaya dalam pelayanan sebelum maupun sesudah pandemi Covid-19 memiliki kinerja yang sudah cukup baik, dilihat dari informasi kualitatif yaitu data yang didapatkan dengan wawancara mendalam dan analisis dokumentasi yang dimana berupa pernyataan lima indikator dari kinerja birokrasi untuk memperoleh gambaran yang komprehensif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan kualitas pelayanan dari sebelum hingga pasca pandemi Covid-19 pada kenyataannya, pelayanan publik yang diberikan Pemerintah Desa Sindangjaya kepada masyarakat sudah cukup baik. Namun, Apatur Pemerintah Desa Sindangjaya dilihat dari kapasitas SDM nya masih rendah, sehingga masih belum siap dalam menghadapi teknologi. Jadi, kinerja birokrasi dalam pelayanan publik pemerintah Desa Sindangjaya pada pasca pandemi Covid-19 masih belum optimal.

Kata kunci: Kinerja, Birokrasi Pemerintah Desa, Pelayanan Publik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 02 Dec 2025 02:33
Last Modified: 02 Dec 2025 02:33
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1849

Actions (login required)

View Item
View Item