LESTARI, LISNA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SUGESTI IMAJINASI BERBANTUAN MEDIA LAGU TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (190kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (188kB)
3 KEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (179kB)
4 ABSTRAK.pdf
Download (239kB)
5 KATA PENGANTAR.pdf
Download (237kB)
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf
Download (558kB)
7 BAB 1.pdf
Download (363kB)
8 BAB 2.pdf
Download (877kB)
9 BAB 3.pdf
Download (1MB)
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
11 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (290kB)
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (300kB)
13 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (191kB)
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sugesti imajinasi berbantuan media lagu terhadap kemampuan menulis puisi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran sugesti imajinasi berbantuan media lagu dan kelas kontrol menggunakan model inspirasi tiga kata. Instrumen dalam penelitian ini meliputi pedoman wawancara, pedoman observasi, pedoman angket, dan pedoman tes menulis puisi (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada kemampuan menulis puisi peserta didik di kelas eksperimen. Nilai rata-rata pre-test dan post-test mengalami peningkatan sebesar 56,78% berkategori cukup efektif, sedangkan kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 47,23% berkategori kurang efektif. Uji statistik Wilcoxon menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan perbedaan signifikan antar kelompok N-Gain (p < 0,05), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Selain itu, data angket menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik merespons positif terhadap pembelajaran, karena media lagu membantu membangkitkan imajinasi, emosi, dan memudahkan dalam menulis puisi secara lebih ekspresif dan kreatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, terlihat adanya peningkatan kemampuan menulis yang signifikan pada peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran sugesti imajinasi berbantuan media lagu. Setelah diberikan perlakuan, hasil post-test menunjukkan peningkatan yang jelas, baik dari segi pemilihan diksi, penggunaan majas, hingga pengolahan imajinasi dan emosi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sugesti imajinasi berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 07:37 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 07:37 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1820 |
