NUGRAHA, PURI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI HABIT OF STRIVING FOR ACCURACY AND PRECISION. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (690kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (703kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (726kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN dan Abstrak.pdf
Download (629kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (684kB)
6. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (148kB)
7. BAB 1.pdf
Download (723kB)
8. BAB 2.pdf
Download (932kB)
9. BAB 3.pdf
Download (811kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (623kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (755kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
14. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (687kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan argumentasi matematis peserta didik ditinjau dari habit of striving for accuracy and precision. Penelitian ini 
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan eksploratif. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes kemampuan argumentasi matematis, penyebaran angket habit of striving for accuracy and precision, dan wawancara. Subjek dari penelitian ini sebanyak 4 orang dari kelas IX C di SMP Negeri 2 Tasikmalaya yaitu satu orang dari masing-masing kategori habit of striving for accuracy and precision yaitu 
pakar (ahli) , pengguna, pelajar dan pemula. Teknik analisis data yang digunakan yaitu  reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 
subjek kategori pakar (ahli)  (S6) mampu menjawab soal pada semua indikator argumentasi matematis dengan benar, memiliki perhatian yang besar terhadap ketelitian sehingga hasil jawabannya terbukti benar, terstruktur dan disajikan secara ringkas. Subjek kategori pengguna (S15) mampu menjawab soal pada semua indikator argumentasi matematis dengan benar, menyadari pentingnya ketelitian dan presisi, pada 
setiap langkah pengerjaannya diberikan keterangan atau penjelasan tambahan sehingga menghasilkan jawaban yang benar dan lengkap. Subjek dengan kategori pelajar (S7) 
hanya mampu menjawab soal dengan benar hanya pada indikator claim saja. Sedangkan indikator yang lainnya hasil jawaban salah, sehingga pembuktian yang diberikan kurang 
mendukung terhadap claimnya. S7 menunjukkan kesadaran akan kesalahannya dan keinginan untuk memperbaikinya. Subjek dengan kategori pemula (S28) belum mampu menjawab soal pada semua indikator kemampuan argumentasi matematis dengan benar. S28 menunjukkan sikap kurang ketelitiannya dan mudah menyerah yang menyebabkan adanya kesalahan yang tidak disadarinya dan hasil jawaban menjadi salah pada semua 
indikator.
Kata kunci:Analisis, Kemampuan Argumentasi Matematis, Habit of striving for accuracy and precision
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 03:46 | 
| Last Modified: | 27 Oct 2025 03:46 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/163 | 
