PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS BERITA DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

Nisa, Asri Sakinatun (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS BERITA DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 3. Lembar Pernyataan.pdf] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 4. Abstrak.pdf] Text
4. Abstrak.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 5. Kata Pengantar.pdf] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 6. Daftar Isi.pdf] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 7. BAB I.pdf] Text
7. BAB I.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of 8. BAB II.pdf] Text
8. BAB II.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 9. BAB III.pdf] Text
9. BAB III.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of 10. BAB IV.pdf] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[thumbnail of 11. BAB V.pdf] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[thumbnail of 12. Daftar Pustaka.pdf] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 13. Daftar Riwayat Hidup.pdf] Text
13. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[thumbnail of 14. Lampiran-lampiran.pdf] Text
14. Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Pada kenyataanya masih banyak peserta didik yang belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan, yaitu 75. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Word Square meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur
teks berita dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 16 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Penulis menggunakan teknik observasi,
wawancara, angket serta tes untuk memperoleh data yang diperlukan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur
unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita. Hasil uji Wilcoxon, baik untuk aspek pengetahuan maupun keterampilan, diketahui bahwa hasil W hitung (0) lebih kecil
daripada W tabel (219,77). Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Word Square
dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 27 Oct 2025 03:31
Last Modified: 27 Oct 2025 03:31
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/160

Actions (login required)

View Item
View Item