Nisa, Asri Sakinatun (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS BERITA DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. Cover.pdf
Download (225kB)
2. Lembar Pengesahan.pdf
Download (209kB)
3. Lembar Pernyataan.pdf
Download (205kB)
4. Abstrak.pdf
Download (273kB)
5. Kata Pengantar.pdf
Download (253kB)
6. Daftar Isi.pdf
Download (315kB)
7. BAB I.pdf
Download (303kB)
8. BAB II.pdf
Download (364kB)
9. BAB III.pdf
Download (465kB)
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (824kB)
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (244kB)
12. Daftar Pustaka.pdf
Download (240kB)
13. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (250kB)
14. Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Pada kenyataanya masih banyak peserta didik yang belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan, yaitu 75. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Word Square meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur
teks berita dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 16 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Penulis menggunakan teknik observasi,
wawancara, angket serta tes untuk memperoleh data yang diperlukan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur
unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita. Hasil uji Wilcoxon, baik untuk aspek pengetahuan maupun keterampilan, diketahui bahwa hasil W hitung (0) lebih kecil
daripada W tabel (219,77). Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Word Square
dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 03:31 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 03:31 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/160 |
