PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS XI IPS MA PERSIS TAROGONG GARUT)

Fadhilah, Salma Nur (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS XI IPS MA PERSIS TAROGONG GARUT). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 3. PENGESAHAN SKRIPSI.pdf] Text
3. PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR TABEL.pdf] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 12. BAB I.pdf] Text
12. BAB I.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 13. BAB II.pdf] Text
13. BAB II.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 14. BAB III.pdf] Text
14. BAB III.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of 15. BAB IV.pdf] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 16. BAB V.pdf] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[thumbnail of 17. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 18. LAMPIRAN.pdf] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 19. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
19. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS di MA Persis Tarogong Garut yang diketahui dari proses pembelajaran yang kurang interaktif dan inovatif yang
menyebabkan rendahnya perolehan nilai pada mata pelajaran geografi. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana langkahlangkah pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran geografi materi keanekaragaman hayati di kelas XI IPS di MA Persis
Tarogong Garut? (2) Bagaimana pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran
geografi materi keanekaragaman hayati di kelas XI IPS di MA Persis Tarogong Garut? (3) Bagaimana pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran geografi
materi keanekaragaman hayati di kelas XI IPS di MA Persis Tarogong Garut? Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain Quasi Experimental dan teknik pengumpulan
data berupa Observasi, Kuesioner, Wawancara, Dokumentasi, Studi literatur, dan Tes. Populasi dari penelitian ini merupakan seluruh peserta didik di kelas XI IPS
MA Persis Tarogong Garut, sampel yang diambil sebanyak 73 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel berupa Random Sampling. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini berupa analisis statistik parametrik berupa Uji T- test. Sebelum
penelitian, dilakukan uji instrumen data, yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan diketahui bahwa terdapat enam langkah
pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran geografi materi keanekaragaman hayati di kelas XI IPS MA Persis Tarogong Garut dan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi materi keanekaragaman hayati di kelas XI IPS MA Persis Tarogong Garut.
Perolehan skor rata-rata hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match
lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ceramah. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat diterapkan di kelas XI IPS 2 MA Persis Tarogong Garut dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Keanekaragaman hayati.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Make a Match, Hasil Belajar, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 27 Oct 2025 02:44
Last Modified: 27 Oct 2025 02:44
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item
View Item