Fadhilah, Salma Nur (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS XI IPS MA PERSIS TAROGONG GARUT). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (105kB)
2. Lembar Pengesahan.pdf
Download (82kB)
3. PENGESAHAN SKRIPSI.pdf
Download (49kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (62kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (61kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (124kB)
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (131kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (127kB)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Download (61kB)
10. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (55kB)
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (52kB)
12. BAB I.pdf
Download (142kB)
13. BAB II.pdf
Download (357kB)
14. BAB III.pdf
Download (487kB)
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (125kB)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (203kB)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
19. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (112kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS di MA Persis Tarogong Garut yang diketahui dari proses pembelajaran yang kurang interaktif dan inovatif yang
menyebabkan rendahnya perolehan nilai pada mata pelajaran geografi. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana langkahlangkah pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran geografi materi keanekaragaman hayati di kelas XI IPS di MA Persis
Tarogong Garut? (2) Bagaimana pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran
geografi materi keanekaragaman hayati di kelas XI IPS di MA Persis Tarogong Garut? (3) Bagaimana pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran geografi
materi keanekaragaman hayati di kelas XI IPS di MA Persis Tarogong Garut? Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain Quasi Experimental dan teknik pengumpulan
data berupa Observasi, Kuesioner, Wawancara, Dokumentasi, Studi literatur, dan Tes. Populasi dari penelitian ini merupakan seluruh peserta didik di kelas XI IPS
MA Persis Tarogong Garut, sampel yang diambil sebanyak 73 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel berupa Random Sampling. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini berupa analisis statistik parametrik berupa Uji T- test. Sebelum
penelitian, dilakukan uji instrumen data, yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan diketahui bahwa terdapat enam langkah
pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran geografi materi keanekaragaman hayati di kelas XI IPS MA Persis Tarogong Garut dan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi materi keanekaragaman hayati di kelas XI IPS MA Persis Tarogong Garut.
Perolehan skor rata-rata hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match
lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ceramah. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat diterapkan di kelas XI IPS 2 MA Persis Tarogong Garut dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Keanekaragaman hayati.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Make a Match, Hasil Belajar, Motivasi Belajar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 02:44 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 02:44 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/149 |
