FAUJIAH, AI NUR KHOLIFAH (2025) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (241kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (186kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (490kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (709kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (242kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (226kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (392kB)
8. BAB I.pdf
Download (393kB)
9. BAB II.pdf
Download (1MB)
10. BAB III.pdf
Download (756kB)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (751kB)
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (247kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (289kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17MB)
15. BIODATA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (135kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Contextual Teaching and Learing berbantuan GeoGebra terhadap literasi matematis peserta didik dan untuk mengetahui literasi matematis peserta didik yang menggunakan model Contextual Teaching and Learing berbantuan GeoGebra. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian soal tes literasi matematis kepada peserta didik setelah seluruh pembelajaran selesai dilaksanakan. Instrumen penelitian berupa jenis soal pilihan ganda kompleks dan soal menjodohkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Tasikmalaya, sedangkan sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster sampling, yaitu kelas VIII F berjumlah 33 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan VIII G berjumlah 31 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent simple t-test dengan uji prasyaratnya yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantuan GeoGebra terhadap literasi matematis peserta didik. Diperoleh nilai rata-rata tes literasi matematis di kelas eksperimen sebesar 6,76 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang sebesar 5,42, dan hasil uji Independent simple t-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,013 artinya nilai sig. (2-tailed) > 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model Contextual Teaching and Learing berbantuan GeoGebra terhadap literasi matematis peserta didik. Literasi matematis peserta didik yang menggunakan model Contextual Teaching and Learing berbantuan GeoGebra capaiannya sebesar 75% sehingga termasuk pada kategori baik, sedangkan literasi matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learing berbantuan PowerPoint capaiannya sebesar 55% sehingga termasuk pada kategori sedang.
Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, Geogebra, literasi matematis
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 01:05 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 01:05 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1271 |
