PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

FAUJIAH, AI NUR KHOLIFAH (2025) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN.pdf] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (709kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 8. BAB I.pdf] Text
8. BAB I.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 9. BAB II.pdf] Text
9. BAB II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf

Download (756kB)
[thumbnail of 11. BAB IV.pdf] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)
[thumbnail of 12. BAB V.pdf] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[thumbnail of 15. BIODATA.pdf] Text
15. BIODATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Contextual Teaching and Learing berbantuan GeoGebra terhadap literasi matematis peserta didik dan untuk mengetahui literasi matematis peserta didik yang menggunakan model Contextual Teaching and Learing berbantuan GeoGebra. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian soal tes literasi matematis kepada peserta didik setelah seluruh pembelajaran selesai dilaksanakan. Instrumen penelitian berupa jenis soal pilihan ganda kompleks dan soal menjodohkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Tasikmalaya, sedangkan sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster sampling, yaitu kelas VIII F berjumlah 33 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan VIII G berjumlah 31 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent simple t-test dengan uji prasyaratnya yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantuan GeoGebra terhadap literasi matematis peserta didik. Diperoleh nilai rata-rata tes literasi matematis di kelas eksperimen sebesar 6,76 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang sebesar 5,42, dan hasil uji Independent simple t-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,013 artinya nilai sig. (2-tailed) > 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model Contextual Teaching and Learing berbantuan GeoGebra terhadap literasi matematis peserta didik. Literasi matematis peserta didik yang menggunakan model Contextual Teaching and Learing berbantuan GeoGebra capaiannya sebesar 75% sehingga termasuk pada kategori baik, sedangkan literasi matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learing berbantuan PowerPoint capaiannya sebesar 55% sehingga termasuk pada kategori sedang.

Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, Geogebra, literasi matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 17 Nov 2025 01:05
Last Modified: 17 Nov 2025 01:05
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1271

Actions (login required)

View Item
View Item