ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PADA KONTEN ALJABAR DITINJAU DARI SELF-ESTEEM

FAUZIAH, ASYIFANA SITI (2025) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PADA KONTEN ALJABAR DITINJAU DARI SELF-ESTEEM. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 3. KETERANGAN REVISI.pdf] Text
3. KETERANGAN REVISI.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of 4. KEASILIAN KARYA ILMIAH.pdf] Text
4. KEASILIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 7. PERSEMBAHAN.pdf] Text
7. PERSEMBAHAN.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 9. BAB 1.pdf] Text
9. BAB 1.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of 10. BAB 2.pdf] Text
10. BAB 2.pdf

Download (934kB)
[thumbnail of 11. BAB 3.pdf] Text
11. BAB 3.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of 12. BAB 4.pdf] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 13. BAB 5.pdf] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 16. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa yang memiliki kategori self-esteem tinggi, sedang maupun rendah dalam asesmen kompetensi minimum (AKM) pada konten aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Sukaraja. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket, tes soal, dan wawancara. Berdasarkan analisis data dari reduksi penyajian data, dan penarikan kesimpulan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum (AKM) pada konten aljabar dengan self-esteem tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan numerasi yaitu memahami masalah; membuat model matematika dari permasalahan; menggunakan konsep, fakta dan objek secara matematis dalam memecahkan masalah; menafsirkan dan mengevaluasi hasil untuk materi pertidaksamaan, persamaan, rasio dan proporsi tetapi pada materi fungsi dan relasi hanya mampu memenuhi indikator memahami masalah dan membuat model matematika. Siswa dengan self-esteem sedang mampu memenuhi semua indikator kemampuan numerasi untuk materi pertidaksamaan dan persamaan tetapi pada materi fungsi dan relasi serta rasio dan proporsi hanya mampu memenuhi kemampuan numerasi indikator memahami masalah dan membuat model matematika. Siswa dengan self-esteem rendah mampu memenuhi kemampuan numerasi indikator yaitu memahami masalah untuk materi pertidaksamaan dan persamaan serta tidak mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan numerasi untuk materi rasio dan proporsi serta fungsi dan relasi.

Kata kunci: Kemampuan Numerasi, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Self esteem

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 14 Nov 2025 07:38
Last Modified: 14 Nov 2025 07:38
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1265

Actions (login required)

View Item
View Item