FAUZIAH, ASYIFANA SITI (2025) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PADA KONTEN ALJABAR DITINJAU DARI SELF-ESTEEM. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (236kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (375kB)
3. KETERANGAN REVISI.pdf
Download (499kB)
4. KEASILIAN KARYA ILMIAH.pdf
Download (287kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (225kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (226kB)
7. PERSEMBAHAN.pdf
Download (265kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (243kB)
9. BAB 1.pdf
Download (394kB)
10. BAB 2.pdf
Download (934kB)
11. BAB 3.pdf
Download (446kB)
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (281kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (205kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (177kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa yang memiliki kategori self-esteem tinggi, sedang maupun rendah dalam asesmen kompetensi minimum (AKM) pada konten aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Sukaraja. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket, tes soal, dan wawancara. Berdasarkan analisis data dari reduksi penyajian data, dan penarikan kesimpulan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum (AKM) pada konten aljabar dengan self-esteem tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan numerasi yaitu memahami masalah; membuat model matematika dari permasalahan; menggunakan konsep, fakta dan objek secara matematis dalam memecahkan masalah; menafsirkan dan mengevaluasi hasil untuk materi pertidaksamaan, persamaan, rasio dan proporsi tetapi pada materi fungsi dan relasi hanya mampu memenuhi indikator memahami masalah dan membuat model matematika. Siswa dengan self-esteem sedang mampu memenuhi semua indikator kemampuan numerasi untuk materi pertidaksamaan dan persamaan tetapi pada materi fungsi dan relasi serta rasio dan proporsi hanya mampu memenuhi kemampuan numerasi indikator memahami masalah dan membuat model matematika. Siswa dengan self-esteem rendah mampu memenuhi kemampuan numerasi indikator yaitu memahami masalah untuk materi pertidaksamaan dan persamaan serta tidak mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan numerasi untuk materi rasio dan proporsi serta fungsi dan relasi.
Kata kunci: Kemampuan Numerasi, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Self esteem
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 07:38 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 07:38 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1265 |
