DESAIN PEMBELAJARAN MATERI UKURAN PEMUSATAN DATA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA

ANNISARAHMA, DELPHIANA KIREI (2025) DESAIN PEMBELAJARAN MATERI UKURAN PEMUSATAN DATA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01 Cover.pdf] Text
01 Cover.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 02 Lembar Pengesahan.pdf] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 03 SK Revisi Ujian.pdf] Text
03 SK Revisi Ujian.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 04 Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf] Text
04 Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 05 Abstrak.pdf] Text
05 Abstrak.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 06 Kata Pengantar.pdf] Text
06 Kata Pengantar.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 07 Daftar Isi.pdf] Text
07 Daftar Isi.pdf

Download (609kB)
[thumbnail of 08 Daftar Tabel.pdf] Text
08 Daftar Tabel.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 09 Daftar Gambar.pdf] Text
09 Daftar Gambar.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 10 Daftar Lampiran.pdf] Text
10 Daftar Lampiran.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 11 BAB 1.pdf] Text
11 BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 12 BAB 2.pdf] Text
12 BAB 2.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of 13 BAB 3.pdf] Text
13 BAB 3.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of 14 BAB 4.pdf] Text
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 15 BAB 5.pdf] Text
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[thumbnail of 16 Daftar Pustaka.pdf] Text
16 Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 17 Lampiran.pdf] Text
17 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain pembelajaran pada materi ukuran pemusatan data dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan perangkat lunak GeoGebra guna meningkatkan pemahaman konseptual peserta didik terhadap konsep mean, median, dan modus. Subjek penelitian terdiri dari 33 siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan design research yang meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Instrumen utama yang digunakan meliputi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), panduan observasi, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL yang dikombinasikan dengan GeoGebra mampu meningkatkan partisipasi aktif peserta didik serta memfasilitasi pemahaman konsep secara menyeluruh. Peserta didik menunjukkan pemahaman yang baik dalam menentukan nilai modus dan mean, serta peningkatan pemahaman pada konsep median, meskipun masih terdapat miskonsepsi pada kasus data genap yang kemudian berhasil dikoreksi melalui diskusi kelas. GeoGebra berperan penting dalam membantu visualisasi data dan meningkatkan keterlibatan belajar melalui pendekatan yang bersifat interaktif dan kontekstual. Temuan ini memperkuat pentingnya pembelajaran berbasis masalah dan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan matematika, khususnya pada materi statistika. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan PBL berbantuan GeoGebra dapat meningkatkan pemahaman konseptual serta menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik terhadap data dalam konteks kehidupan nyata. Oleh karena itu, strategi ini direkomendasikan sebagai alternatif pedagogis yang efektif dalam mengatasi miskonsepsi dan kesenjangan antara pemahaman prosedural dan konseptual dalam pembelajaran matematika.

Kata Kunci: Problem Based Learning, GeoGebra, ukuran pemusatan data, pembelajaran kontekstual, statistika SMP.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 14 Nov 2025 03:56
Last Modified: 14 Nov 2025 03:56
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1249

Actions (login required)

View Item
View Item